Agenda Pertama di HIMASKA, KOMATH Resmi Dibuka

Pekanbaru (25/02/2020) –  Knowing More of Math atau KOMATH merupakan program kerja HIMASKA yang bertujuan mendekatkan dan mengakrabkan antar mahasiswa dan alumni jurusan matematika. Selain itu, juga sebagai wadah bagi mahasiswa jurusan matematika untuk mengembangkan bakat yang ada dalam dirinya.

KOMATH ini baru pertama kali diadakan, sebelumnya bernama Matematika Keakraban (Makrab). Ada beberapa inovasi dari sebelumnya yang ditampilkan dalam KOMATH, seperti talkshow dan pagelaran seni.

Sekitar pukul sembilan pagi, acara pembukaan KOMATH dimulai. Dengan mengusung tema "Menumbuhkan Jiwa Solidaritas sebagai Keluarga Matematika", acara diadakan di Auditorium FMIPA Universitas Riau (UNRI).

Abdul Fiqi Marsya selaku Ketua Pelaksana sampaikan bahwa acara ini dibuat untuk mendekatkan serta menjalin silaturahmi antar mahasiswa dan alumni jurusan matematika.

Dandi Faridza, Dewan Pembina Organisasi (DPO) HIMASKA sampaikan bahwa agenda ini merupakan agenda terakhir sebelum terjadinya estafet kepemimpinan di HIMASKA nantinya.

Kemudian, Sandi Purwanto selaku pelaksana tugas (plt) Bupati Mahasiswa juga sampaikan sambutan. "Kami mengadakan KOMATH ini bukan tujuannya sebagai agenda keakraban, namun diharapkan output setelahnya, bertujuan untuk mendekatkan yang jauh dan mengeratkan yang dekat," ujar Sandi.

Lalu, Deni Rizaldi, Wakil Gubernur Mahasiswa FMIPA dengan resmi membuka acara KOMATH setelah sampaikan sambutannya.

Acara selanjutnya hiburan yang ditampilkan oleh angkatan 2017. Kemudian, talkshow oleh alumni jurusan matematika yang saat ini sudah menjadi dosen di FMIPA UNRI, yakni Dr. Arisman Adnan, M.Sc.  Dengan tema "Menjadi Organisator yang Kompeten", Arisman sampaikan bahwa organisator harus mempunyai kemampuan dalam berkomunikasi dan mengatur waktu untuk kuliah dan organisasi serta kepanitiaan.

"Organisasi nantinya berguna untuk dunia kerja, seperti terlatih untuk menyampaikan gagasan dan ide," ujar Arisman.

Kemudian, talkshow oleh Drs. Harison, M.Si yang merupakan ketua umum HIMASKA pertama. Saat ini, Harison ditunjuk sebagai Dosen Pembimbing Organisasi Kelembagaan (DPOK) HIMASKA. Harison sampaikan mengenai "Sejarah Berdirinya HIMASKA", pada awalnya FMIPA bernama Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA).

"Saat saya masuk FMIPA dulu, kita tidak memiliki organisasi, yang baru ada saat itu organisasi jurusan kimia," ujar Harison memulai.

Masa itu, berawal dari sebuah surat undangan untuk agenda temu wicara dan perlombaan di Surabaya. Setelah kembalinya dari Surabaya, barulah dibentuk sebuah organisasi jurusan matematika dengan nama Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMASKA) dan ketua umum pertama yaitu Harison.

"Selagi masih ada waktu, maka ikutilah organisasi namun kamu harus pandai mengatur waktu," tambah Harison.

Setelah agenda talkshow, dilanjutkan dengan pagelaran seni oleh Sanggar Arcomatics HIMASKA. Dalam pagelaran ini ditampilkan tari kreasi Melayu dan musikalisasi puisi. Diakhiri dengan penampilan paduan suara.

Dilanjutkan dengan HIMASKA Awards, agenda ini merupakan bentuk penghargaan terhadap mahasiswa dan alumni jurusan matematika. Ada tujuh kategori nominasi yang diberi penghargaan dalam HIMASKA Awards kali ini. (ZFM)

HIMASKA?
Selalu Solid untuk Matematika Jaya!
*

-CONGRUENT GENERATION-

Plt. Bupati HIMASKA_Sandi Purwanto

#HIMASKAFMIPAUNRI

#CONGRUENTGENERATION

#PressRelease

Line: @asr3905b
Instagram: @himaska_unri
Twitter: @himaska_unri
Facebook & Youtube: HIMASKA FMIPA UNRI
Website : himaskaur.org

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *