Bentuk Kerja Nyata, HIMASKA FMIPA UNRI Melakukan Pengabdian Ke Dusun Pasir Lawas

•HIMASKA NEWS•
ㅤㅤ
Pekanbaru(20/11/2018)—HIMASKA FMIPA UNRI kembali menjalin silahturahmi dan berbagi dengan mengabdi melalui kegiatan yang bertajuk Matematika Mengabdi 2018 dengan menyongsong tema “Dengan Semangat Pengabdian, Kita Wujudkan Keluarga Matemarika Peduli Masyarakat”. Matematika Mengabdi atau MMA ini merupakan suatu program kerja Divisi Sosial dan Relasi yang dilaksanakan memalui kepanitiaan yang mana mahasiswa matematika dapat menjadikan pribadi yang mampu dan dapat menyesuaikan diri disekitar hidup bermasyarakat, menimbulkan rasa sosial dan kesadaran diri terhadap lingkungan. Dimana, MMA ini dikhususkan untuk mahasiswa baru 2018 yang menjadi peserta. Pengabdian kali ini dilakukan di Dusun Pasir Lawas, Bukit Melintang, Kec. Kuok, Kab. Kampar, Prov. Riau dan telah dilaksanakan pada 14-16 Desember 2018.
ㅤㅤ
MMA ini diikuti oleh mahasiswa Jurusan Matematika baik aktif maupun alumni. MMA ini dihadiri oleh DPO dan pengurus HIMASKA, baik inti, pimpinan dan staff selaku panitia MMA 2018 serta panitia partisipan, mahasiswa baru 2018, deligasi per angkatan serta senior(Allstar) maupun alumni.


Sebelum menempuh jarak ke tempat pengabdian, pada (14/12/2018) dilaksanakan pelepasan MMA di depan halte venue panjat tebing UNRI. Pelepasan ini dihadiri oleh yang berperan dan berpartisipasi dalam MMA 2018. Sekitar pukul 14:00 WIB, barang-barang yang akan dibawa oleh seluruh yang berpartisipasi dikumpulkan untuk dikemas di bus yang akan digunakan untuk keberangkatan dan diarahkan langsung oleh MOT yakni Dilla Mulya, Damianus N dan Sandi Purwanto. Memasuki waktu adzan, seluruhnya diberikan waktu untuk melaksanakan sholat ashar terlebih dahulu.
Sekitar pukul 16:30 WIB, peserta dibariskan untuk melaksanakan pelepasan MMA 2018. Acara dibawakan oleh MC yakni Amanda Reskia, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Pelaksana MMA 2018 yakni Deni Rizaldi. “Kegiatan ini sangat penting untuk kita, bahwasannya kita sebagai mahasiswa bukan hanya kemampuan intelektual yang kita sampaikan, bukan hanya kecerdasan otak yang kita dapatkan tetapi bagaimana kita bisa bermanfaat di masyarakat, khususnya dusun pasir lawas.” Ujar Deni. Selanjutnya, kata sambutan oleh Ervino Kurnia selaku Ketua Umum HIMASKA FMIPA UNRI. “Kegiatan kita lebih banyak kepengabdian, bukan hanya kemah biasa, kita akan mengabdi ke masyarakat.” Ujarnya. Dilanjutkan dengan kata sambutan dari Dewan Pembina Organisasi HIMASKA yang mana kali ini disampaikan oleh Izzy Muhammad sekaligus pelepasan peserta Matematika Mengabdi 2018. Untuk kelancaran agenda MMA, pelepasan ditutup dengan pembacaan do’a oleh Sandi Purwanto.
ㅤㅤ
Setelah selesainya acara pelepasan MMA 2018, seluruh peserta, panitia maupun senior masuk kedalam bus. Perjalanan menuju Dusun Pasir Lawas kurang lebih ditempuh selama 2 jam. Masuk sholat magrib, bus berhenti di mesjid tengah perjalanan. Dilanjutkan dengan makan malam bersama di arena lapangan mesjid. Selesainya makan, perjalanan dilanjutkan. Sesampainya di Dusun Pasir Lawas, masyarakat disana pun sangat antusias menyambut kedatangan mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNRI. Peserta diarahkan ke daerah perkemahan MMA 2018 untuk bersih-bersih dan melaksanakan sholat isya berjamaah. Selesai itu, peserta diarahkan oleh MOT untuk istirahat dan tidur agar dapat melanjutkan kegiatan esok harinya.

Tepat pukul 04:00 WIB pada (15/12/2018), seluruh panitia dan peserta bangun untuk siap-siap melaksanakan sholat subuh berjamaah di Mesjid Dusun Pasir Lawas. Setelah melaksanakan sholat subuh berjamaah, diadakannya Kultum untuk meningkatkan pengetahuan agama yang mana kali ini disampaikan oleh salah satu peserta MMA 2018, Abdul Fiqi. Selesainya penyampaian kultum, peserta kembali dikumpulkan oleh MOT.
Seluruh peserta dan panitia diarahkan kembali ke area perkemahan MMA untuk melaksanakan pembukaan MMA 2018. Pembukaan dibawakan oleh Sri Agustina selaku MC, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Nadia. Lalu, kata sambutan oleh Deni Rizaldi selaku Ketua Pelaksana MMA 2018 serta kata sambutan Ketua Umum HIMASKA FMIPA UNRI, Ervino kurnia. Dilanjutkan dengan kata sambutan DPO HIMASKA yakni Izzy Muhammad sekaligus membuka kegiatan Matematika Mengabdi 2018. Demi kelancaran agenda yang akan dilakukan di Dusun Pasir Lawas, pembukaan MMA ditutup dengan pembacaan do’a oleh M. Riki.
ㅤㅤ
Setelah dilaksanakan pembukaan MMA 2018, kegiatan dilanjutkan dengan HIMASKA Bugar yang dipimpin langsung oleh Divisi MKO HIMASKA. Dilanjutkan dengan sarapan bersama dengan seluruh yang ikut serta dalam MMA 2018. Setelah sarapan, sekitar pukul 09:00 WIB, peserta diarahkan untuk berkumpul dan diberi arahan oleh MOT untuk kegiatan selanjutnya. Kegiatan selanjutnya yaitu pengabdian, dimana kali ini peserta maupun panitia di bagi 2 kelompok. Pengabdian kali ini berupa penyuluhan ke Sekolah Dasar 011 Desa Bukit Melintang serta pembagian bibit pohon dan bibit tanaman obat ke rumah-rumah warga yang ada di Bukit Melintang tersebut. Dengan itu, seluruhnya bergegas untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Kegiatan disekolah adalah mengajar, menanam pohon disekitaran sekolah dan sosialisasi tentang bagaimana menggosok gigi dengan benar, serta bagaimana mencuci tangan dengan benar agar siswa-siswi SD N 011 Desa Bukit Melintang dapat terjaga kesehatannya dan terhindar dari penyakit. Setelah sosialisasi kegiatan ini dipraktekkan langsung oleh siswa-siswi tersebut. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh peserta Matematika Mengabdi 2018. Setelah mempraktekkan bagaimana cara mencuci tangan dengan baik dan benar, kata sambutan dari Kepala Sekolah SD N 011 Desa Bukit Melintang yakni Bapak M. Yunus, S.Pd. “Saya atas nama Sekolah Dasar Negeri 011 Desa Bukit Melintang mengucapkan terima kasih kepada adik-adik yang datang jauh dari UNRI dan berkunjung ke Sekolah kami ini. Suatu kesan yang sangat berharga bagi kami yang ditinggalkan nanti. Mohon maaf atas nama SD N 011 Desa Bukit Melintang atas segala kekurangan. Kami sangat berbangga dan berbesar hati atas hari ini, semoga kita dapat bertemu kembali” ujar Bapak M. Yunus, S.Pd. Sebelum pulang, siswa-siswi beserta guru dan peserta, panitia, senior yang ada pada saat itu melakukan sesi foto bersama. Lalu peserta menanam pohon disekitar pekarangan sekolah. Setelah menanam pohon, MOT MMA 2018 mengambil alih kembali.
Selesainya penyuluhan dan pembagian bibit yang dilakukan dalam waktu bersamaan, peserta dan panitia diarahkan untuk beristirahat dan melaksanakan sholat dzuhur berjamaah di Mesjid. Kembali ke area perkemahan, seluruh nya melaksanakan makan siang bersama.
ㅤㅤ

Sekitar pukul 13:30 WIB, seluruhnya kembali melanjutkan kegiatan yaitu mendata dengan mengisi kuisioner ke warga Bukit Melintang yang terbagi atas 3 Dusun, yang menyangkut seputar kehidupan warga disana. Hal ini merupakan bentuk salah satu kinerja dari prodi Statistika. Sekitar pukul 15:00 WIB, seluruhnya diberi waktu untuk istirahat dan melaksanakan sholat ashar berjamaah di Mesjid. Dan dilanjutkan dengan gotong royong area Mesjid tersebut. Sekitar pukul 17:30 WIB, seluruhnya kembali ke area perkemahan untuk bermain bersama masyarakat yang ada di Dusun, dan sebagian menyiapkan kegiatan dimalam hari.
ㅤㅤ


Masuk ke waktu maghrib, seluruh peserta, senior maupun panitia melaksanakan sholat maghrib berjamaah di Mesjid Dusun tersebut. Setelah itu, kegiatan diambil alih oleh pengurus mesjid. Kegiatan dibuka oleh pengurus mesjid, dan dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Ketua Umum HIMASKA yakni Ervino Kurnia. “Semoga dari agenda ini masyarakat dan mahasiswa dapat manfaatnya, dan semoga solidaritasnya dapat dirasakan dan mahasiswa bisa berjiwa nasionalis serta sosialis dan dapat membantu masyarakat sekitar” Ujar Ervino.
Dilain kesempatan, kata sambutan oleh Kepala Dusun Pasir Lawas yakni Pak Wan Agussamah. “Bahwasannya suatu kelompok masyarakat dapat mempengaruhi kemajuan suatu bangsa. Jadi apa yang dilakukan para mahasiswa kepada lingkungan sekitar dapat memberikan pengaruh besar kepada suatu bangsa”, Ujar Pak Wan Agussamah. Setelah itu, dilanjutkan kembali dengan penyampaian kultum oleh peserta, kali ini oleh Ridho Dwi Saputra. Selesainya kultum, warga Dusun Pasir Lawas memberikan cenderamata kepada HIMASKA FMIPA UNRI berupa Bibit Kelapa Hijau.”Ini merupakan bentuk tanda terimakasih kami karena adik-adik semua sudah mau berkunjung ke desa kami, dimana desa ini merupakan salah satu desa yang tertinggal. Cenderamata ini juga merupakan bentuk terimakasih kami karena adik-adik telah memberi bibit kerumah-rumah warga desa disini.”Ujar Kepala Dusun Pasir Lawas.

Lalu, dilanjutkan dengan sholat isya berjamaah. Selesainya kegiatan di Mesjid, seluruhnya diarahkan kembali ke area perkemahan untuk melaksanakan makan malam bersama. Selesai makan, peserta diberi waktu untuk persiapan penampilan pensi antar kelompok sembari menunggu persiapan api unggun. Warga Bukit Melintang sangat antusias untuk membersamai dan meramaikan acara malam itu. Langsung saja, penampilan pensi antar kelompok yang mana kali ini dibawakan MC yakni Sri Agustina, dan dinilai langsung oleh para juri yakni Imam Satria, Suci Yuliani dan Ketua Pemuda Dusun Pasir Lawas yakni M. Tison. Seluruh yang ada di area perkemahan malam itu merasa terhibur dengan hangatnya api unggun yang telah disiapkan. Setelah semua kelompok nampil, dilanjutkan dengan sedikit komentar dari juri atas penampilan pensi, dimana kali ini disampaikan oleh Ketua Pemuda Dusun Pasir Lawas yakni M. Tison, sekaligus memberikan kata sambutan. Selanjutnya, pemberian plakat kepada Ketua Pemuda Dusun Pasir Lawas dari HIMASKA FMIPA UNRI.
ㅤㅤ
Selesainya penampilan pensi, acara dilanjutkan dengan Sharing Hearing dimana peserta kembali membentuk lingkaran dikelompoknya masing-masing. Para senior maupun alumni menyebar ke seluruh kelompok. Setelah itu, peserta diarahkan untuk istirahat dan tidur untuk melanjutkan kegiatan esok harinya.

Pada(16/12/2018), pukul 04:00 WIB, seluruh peserta bangun kembali untuk sholat subuh berjamaah di Mesjid. Dilanjutkan dengan kultum yang mana kali ini disampaikan oleh Rusdil Jinan. Setelah sholat subuh, seluruhnya kembali ke area perkemahan. Kegiatan dilanjutkan dengan Senam Bersama Masyarakat, yang dipandu oleh Divisi MKO HIMASKA. Setelah senam, panitia membagikan bubur kacang hijau untuk sarapan kepada seluruh peserta, senior, panitia serta masyarakat yang membersamai agenda pagi itu. Selesainya sarapan, peserta diberikan waktu untuk bersiap-siap melaksanakan kegiatan selanjutnya yakni Outbound. Sekitar pukul 09:00 WIB, seluruh peserta siap untuk melaksanakan Outbound dimana terdiri dari 5 Kelompok, untuk mendapatkan materi yang ada di 4 posko. Posko di isi oleh deligasi 2016 keatas. Setelah outbound, seluruh peserta diberi waktu membersihkan diri untuk melaksanakan sholat dhuzur dan makan siang.
ㅤㅤ
Setelah makan siang, seluruh peserta, panitia serta senior membereskan barang-barang pribadi dan keperluan kemah untuk bersiap menuju pulang. Adzan ashar berkumandang, seluruhnya melaksanakan sholat ashar berjamaah di Mesjid. Sepulang sholat, seluruh mahasiswa Jurusan Matematika yang ikut serta dalam MMA 2018 serta beberapa warga dusun berkumpul di lapangan untuk melaksanakan penutupan MMA 2018.
ㅤㅤ
Acara penutupan di bawakan oleh MC yakni Ghemala Huriani, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Abdul Rahmat P. Kata sambutan oleh Ketua Pelaksana MMA 2018, Deni Rizaldi. Dilanjutkan dengan kata sambutan Ketua Umum HIMASKA, Ervino Kurnia Bagaskara. “Dari banyak rangkaian kegiatan, tidak hanya 1, bahkan lebih yang dapat kita ambil manfaatnya dari matematika mengabdi ini.” Kesempatan selanjutnya, kata sambutan dari DPO HIMASKA yakni Syafrul Ardi. Selanjutnya, kata sambutan dari Kepala Dusun Pasir Lawas, Pak Wan Agussamah, yang mana sekaligus menutup resmi Matematika Mengabdi 2018 kali ini, dengan mengucapkan rasa syukur dan terimakasih karena HIMASKA telah berkunjung ke Dusun Pasir Lawas, ataupun Desa Bukit Melintang tersebut. Disamping itu, Pak Wam berharap, Desa tersebut dapat menjadi Desa Binaan Jurusan Matematika FMIPA UNRI. Penutupan dilanjutkan dengan pembacaan do’a oleh Ridho Dwi Saputra.
ㅤㅤ
Acara resmi ditutup, dilanjutkan dengan pengumuman lomba pensi terbaik, yel-yel terbaik, kelompok terbaik, senior tergalak, senior terfavorit, serta individu putra(King) dan individu putri(Queen) terbaik MMA 2018.
ㅤㅤ
Dimana, kali ini diraih oleh:
ㅤㅤ
Pensi Terbaik : Kelompok Kejora
Yel-yel Terbaik : Kelompok Hayabusa
Kelompok Terbaik : Kelompok Hayabusa
Senior Tergalak : Satrio N
Senior Terfavorit : Izzy Muhamad A
King MMA 2018 : Rusdil Jinan
Queen MMA 2018 : Fanny Natasya
ㅤㅤ
Selamat untuk para pemenang!
ㅤㅤ
Selesainya pengumuman, maka berakhirnya acara penutupan MMA 2018. Sebelum meninggalkan area perkemahan, seluruh mahasiswa yang ikut serta dalam Matematika Mengabdi 2018 melakukan foto bersama, dan dilanjutkan dengan perjalanan pulang ke Pekanbaru. (DPS/EFSS)
*
HIMASKA?
Selalu Solid untuk Matematika Jaya!
*
.
-CONVERGENT GENERATION-

Ketua Umum_Ervino Kurnia Bagaskara
Wakil Ketua Umum_Medtrio Doyo
.

#HIMASKAFMIPAUR
#CONVERGENTGENERATION
#SOSRELHIMASKA18
#MATEMATIKAMENGABDI201

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *