Hari Buku Nasional

Hallo Sobatika!

Tahukah Kamu?
Tak hanya dunia Internasional yang memperingati Hari Buku Sedunia setiap 23 April. Indonesia juga punya perayaan serupa yakni setiap tanggal 17 Mei tiap tahunnya diperingati sebagai Hari Buku Nasional. Ada banyak kisah dan fakta yang mengiringi peringatan Hari Buku di Tanah Air. Dimulai dari pertama kalinya tercetus perayaan tersebut hingga perkembangan buku dan minat baca di Indonesia.

Awalnya, penentuan tanggal 17 Mei ini merupakan ide dari Menteri Pendidikan yang tujuannya untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia. Ide itu dicetuskan pada 2002 oleh Abdul Malik Fajar, Menteri Pendidikan dari Kabinet Gotong Royong Bersama. Sebetulnya, Hari Buku Nasional ini ditetapkan bukan semata karena ingin mengikuti Hari Buku Sedunia, lho.

Ide itu dilatarbelakangi fakta bahwa minat baca di Indonesia pada saat itu masih sangat rendah dibandingkan dengan Tiongkok. Minat baca masyarakat Indonesia rata-rata hanya 18.000 judul buku per tahun, sedangkan minat baca masyarakat Tiongkok rata-rata 140.000 judul buku per tahun. Maka dari itu, Menteri Pendidikan ingin Indonesia memiliki Hari Buku Nasional untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Selamat Hari Buku Nasional, Sobatika! Karena buku adalah jembatan dunia, yuk kita sama-sama tingkatkan minat membaca dan kepedulian terhadap buku!

*
HIMASKA?
Selalu Solid untuk Matematika Jaya!
*

-CONGRUENT GENERATION-

Bupati HIMASKA_Kaharuddin HSN. DM
Wakil Bupati HIMASKA_Sandi Purwanto

#HIMASKAFMIPAUNRI

#CONGRUENTGENERATION

#HariBukuNasional

Line: @asr3905b
Instagram: @himaska_unri
Twitter: @himaska_unri
Facebook & Youtube: HIMASKA FMIPA UNRI
Website : himaskaur.org

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *