Hari Buku Sedunia

Hallo Sobatika!

Tahukah kamu?
Tepat hari ini diperingati sebagai Hari Buku Sedunia. Dikenal pula dengan Hari Buku Sedunia dan Hari Hak Cipta Sedunia, serta Hari Buku Internasional yang merupakan perayaan tahunan yang diadakan oleh UNESCO. Melalui Hari Buku Sedunia 2019 ini, UNESCO bertujuan untuk memperjuangkan buku-buku dan merayakan kreativitas, keragaman, dan akses yang sama terhadap pengetahuan.

Mengapa ada Hari Buku Sedunia? Pada awalnya, penulis Valencia, Vicente Clavel Andres memberikan ide ini sebagai cara untuk menghargai penulis Miguel de Cervantes yang meninggal pada tanggal tersebut. Pada tahun 1995, UNESCO memutuskan Hari Buku Sedunia dan Hari Hak Cipta Sedunia dirayakan pada tanggal 23 April, sebab tanggal tersebut juga merupakan hari kematian William Shakespeare dan hari lahir penulis terkenal lainnya.

Ternyata momen ini bukan hanya sekedar diperingati loh, Sobatika! Di Indonesia sendiri, peringatan ini baru dimulai tahun 2006 yang diprakarsai oleh Forum Indonesia Membaca. Tentunya peringatan Hari Buku Sedunia ini dibuat dengan harapan dapat meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia. Sebab, fakta yang terjadi minat baca orang Indonesia masih sangat rendah. Berdasarkan data UNESCO dari 1.000 penduduk Indonesia yang minat membaca hanya satu orang atau perbandingannya 1000:1.

Bahkan, Most Literate Nations in the World pada Maret 2016 merilis pemeringkatan literasi internasional yang menempatkan Indonesia berada di urutan ke-60 di antara 61 negara. Sedangkan pada World Education Forum yang berada di bawah naungan PBB, Indonesia menempati posisi ke-69 dari 76 negara.

Yuk, mulai hari ini lebih rajin membaca buku, Sobatika! Selamat Hari Buku Sedunia!

*
HIMASKA?
Selalu Solid untuk Matematika Jaya!
*

Bupati Mahasiswa_Kaharuddin HSN. DM
Wakil Bupati Mahasiswa_Sandi Purwanto

#HIMASKAFMIPAUNRI2019_2020

#HariBukuSedunia

Line: @asr3905b
Instagram: @himaska_unri
Twitter: @himaska_unri
Facebook & Youtube: HIMASKA FMIPA UNRI
Website : himaskaur.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *