Hari HAM Nelayan dan Masyarakat Sipil

"Ingat, seekor ikan mati bisa mengapung ke hilir, tapi hanya ikan hidup yang mampu berenang sampai ke hulu." - W. C. Fields

Tahukah Sobatika?
Hari ini, 13 Januari diperingati sebagai Hari HAM Nelayan dan Masyarakat Sipil. Jika kita lihat di dalam sistem kapitalisme yang berkembang di Indonesia hari ini. Setidaknya ada 8 fokus program utama yang di jalankan oleh pemerintah yaitu petanian, pertambangan, energi, industri, kelautan, pariwisata, telematika, dan kawasan pengembangan kawasan strategis.

Jumlah nelayan miskin di Indonesia pada tahun 2014 mencapai 7,87 juta orang atau 25,14 persen dari total penduduk miskin nasional yang mencapai 31,02 juta orang dan bahkan mungkin saat ini jumlahnya sudah semakin meningkat. Jumlah 7,87 juta orang berasal dari 10.600 desa nelayan miskin yang terdapat di kawasan pesisir di berbagai daerah tanah air.

Berbagai kasus yang mengarah pada pelanggaran hak asasi masih menimpa nelayan tradisional dan petambak kecil di Indonesia dalam rentan waktu 2012 – 2013. Pada November 2013 lalu, sedikitnya 201 nelayan hilang dan meninggal dunia di laut namun tanpa perlindungan asuransi. Sebanyak 28 konflik di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil yang menyangkut ruang penghidupan dibiarkan di eksploitasi dan dirusak sehingga mengganggu ruang penghidupan keluarga nelayan dan petambak kecil. Belum lagi, 10 nelayan tradisional yang hilang dari Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, dan dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Malaysia tanpa adanya pembelaan dari negara. Selain itu, sedikitnya 17.460 nelayan digusur akibat reklamasi pantai di tujuh kota pesisir merupakan korban termarginalkan.

Selamat Hari HAM Nelayan dan Masyarakat Sipil! Semoga kedepannya, kehidupan para nelayan Indonesia bisa lebih adil dan sejahtera. Nikmatilah ikan hasil tangkapan nelayan, agar kehidupan nelayan bisa lebih baik jika hasil tangkapan mereka bisa dinikmati banyak orang.


  • HIMASKA?
    Selalu Solid untuk Matematika Jaya!


  • -CONGRUENT GENERATION-

    Bupati HIMASKA_Kaharuddin HSN. DM
    Wakil Bupati HIMASKA_Sandi Purwanto

#HIMASKAFMIPAUNRI

#CONGRUENTGENERATION

#HariHAMNelayandanMasyarakat Sipil

Line: @asr3905b
Instagram: @himaska_unri
Twitter: @himaska_unri
Facebook & Youtube: HIMASKA FMIPA UNRI
Website : himaskaur.org

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *