Hari Kebangkitan Nasional

Hallo Sobatika!

Tahukah Kamu?
Tanggal 20 Mei menjadi hari bersejarah dalam kebangkitan nasional untuk bersatu meraih kemerdekaan Indonesia di masa penjajahan sehingga 20 Mei diperingati sebagai hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Tepat 111 tahun Indonesia telah bangkit yakni sejak tahun 1959.

Kebangkitan Nasional merupakan masa bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sebelumnya semangat ini tak pernah muncul meski telah dijajah oleh Belanda selama 350 tahun. Kebangkitan Nasional ditandai dengan dua peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah.

Peristiwa pertama yakni berdirinya organisasi Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908. Berdirinya organisasi ini menjadi tanda Kebangkitan Nasional Indonesia. Latar belakang berdirinya Boedi Oetomo bertopang pada kesadaran para mahasiswa akan masa depan Indonesia yang bergantung di tangan mereka. Organisasi ini pada awalnya hanya bersifat sosial, ekonomi, dan budaya serta tidak ada unsur politik di dalamnya.

Kemudian peristiwa lainnya yaitu ikrar Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928. Sumpah Pemuda menjadi awal kebangkitan pemuda Indonesia. Masa ini merupakan satu dari berbagai dampak politik etis yang mulai diperjuangkan di masa Multatuli. Pada tahun 1912 partai politik pertama di Indonesia berdiri.

Selamat hari kebangkitan nasional, Sobatika! Yuk bangkit dari segala keterpurukan dan bangkit untuk terus maju agar berguna bagi bangsa dan negara.

*
HIMASKA?
Selalu Solid untuk Matematika Jaya!
*

-CONGRUENT GENERATION-

Bupati HIMASKA_Kaharuddin HSN. DM
Wakil Bupati HIMASKA_Sandi Purwanto

#HIMASKAFMIPAUNRI

#CONGRUENTGENERATION

#HariKebangkitanNasional

Line: @asr3905b
Instagram: @himaska_unri
Twitter: @himaska_unri
Facebook & Youtube: HIMASKA FMIPA UNRI
Website : himaskaur.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *