Hari Kebebasan Pers

Hallo Sobatika! πŸ‘‹

β€œ Ketika pers bebas terancam, diberangus, atau dilarang sama sekali, setiap kebebasan lainnya juga dibatasi, dan demokrasi itu sendiri terancam. ” – Mantan Presiden Afrika Selatan, Thabo Mbeki

Hari ini, Insan pers merayakan Hari Kebebasan Pers Sedunia. Namun, di tengah status darurat wabah Covid-19 dan penetapan aturan pembatasan pergerakan, kerja para jurnalis menjadi lebih terbatas. Terbatasnya kerja pers sesungguhnya bukan hanya terjadi karena aturan-aturan penangan Covid-19. Pers telah banyak dibatasi bahkan jauh sebelum pemberlakuan pembatasan pergerakan karena virus corona.

Tanggal 3 Mei, jurnalis di seluruh dunia, termasuk Indonesia, memperingati Hari Kebebasan Pers Internasional atau World Press Freedom Day yang diproklamasikan oleh Majelis Umum PBB pada bulan Desember 1993, mengikuti rekomendasi dari Konferensi Umum UNESCO. Sejak itu, 3 Mei diperingati demi memertahankan kebebasan media dari serangan atas independensi dan memberikan penghormatan kepada para jurnalis yang meninggal dalam menjalankan profesinya.

Kebebasan pers adalah hak yang diberikan oleh konstitusional atau perlindungan hukum yang berkaitan dengan media dan bahan-bahan yang dipublikasikan seperti menyebar luaskan, pencetakan dan menerbitkan surat kabar, majalah, buku atau dalam material lainnya tanpa adanya campur tangan atau perlakuan sensor dari pemerintah.

Selamat Hari Kebebasan Pers Sedunia, Sobatika!
Tegakkan keadilan untuk para pers di Indonesia dan semoga pers bisa semakin maju dengan pemberitaan-pemberitaan yang bisa diakui kebenarannya!
.
HIMASKA?
Selalu Solid untuk Matematika Jaya!
.
##HIMASKAFMIPAUNRI
##HariKebebasanPersSedunia
.
.
Bupati HIMASKA : Ridho Dwi Saputra
Wakil Bupati HIMASKA : M. Irvan
β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’β€’
Line: @asr3905b
Instagram: @himaska_unri
Twitter: @himaska_unri
Facebook & Youtube: HIMASKA FMIPA UNRI
Website : himaskaur.org

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *