Hari Konsumen Nasional

Hallo Sobatika!

Tahukah kamu?
Tepat hari ini 20 April 2019, Indonesia merayakan Hari Konsumen Nasional (Harkonas). Hari dimana rakyat Indonesia memperjuangkan perlindungan bagi konsumen. Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2012 tentang Hari Konsumen Nasional, tanggal 20 April 1999 ditetapkan sebagai Hari Konsumen Nasional dengan mengacu kepada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, bertujuan untuk mewujudkan suatu masyarakat adil dan makmur yang merata materil dan spiritual dalam era demokrasi ekonomi berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Dalam kegiatan sehari-hari, kita sebagai masyarakat tidak lepas dengan yang namanya jual-beli. Sebagai konsumen, kita tak hanya diperlukan kemampuan untuk bijak dalam berbelanja. Sobatika, negara sangat berperan penting lho dalam hal pemberdayaan konsumen, karena pihak konsumen sering menjadi pihak yang lemah sehingga tidak mampu untuk memperjuangkan kepentingannya.

Adanya Harkonas inilah yang akan menjadi momen penting untuk meningkatkan pemahaman konsumen akan hak dan kewajibannya. Peringatan Harkonas juga diharapkan akan menempatkan konsumen sebagai subjek penentu kegiatan ekonomi serta konsumen cerdas yang cinta produk dalam negeri, sehingga memotivasi pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan yang siap menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan mampu bersaing di pasar global.

Nah, dengan adanya Hari Konsumen Nasional ini diharapkan bagi kita untuk bijak dalam melakukan kegiatan jual-beli sesuai dengan undang-undang yang berlaku.


*
HIMASKA?
Selalu Solid untuk Matematika Jaya!
*

Bupati Mahasiswa_Kaharuddin HSN. DM
Wakil Bupati Mahasiswa_Sandi Purwanto

#HIMASKAFMIPAUNRI2019_2020

#HariKonsumenNasional

Line: @asr3905b
Instagram: @himaska_unri
Twitter: @himaska_unri
Facebook & Youtube: HIMASKA FMIPA UNRI
Website : himaskaur.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *