Hari Korps Wanita Angkatan Laut

"Kecantikan seorang wanita bukanlah dari wajahnya tapi kecantikan sesungguhnya dari seorang wanita tercermin dari jiwanya. Kepedulian untuk memberikan semangat yang selalu ia tunjukkan. Kecantikan wanita bertumbuh dari tahun ke tahun." - Audrey Hepburn

Tahukah Sobatika?
Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) adalah sebutan untuk prajurit wanita TNI Angkatan Laut (AL). Kowal merupakan bagian dari TNI AL dan setiap tanggal 5 Januari diperingati sebagai Hari Jadi Kowal.

Penentuan Hari Kowal berdasarkan sejarah tonggak berdirinya Kowal. Sejarahnya bermula saat pengembangan Angkatan Laut RI pada awal tahun 1960-an. Kebutuhan tenaga wanita dalam kedinasan AL sangatlah penting. Oleh karena itu dibentuklah Kowal. Dimana ide pembentukan ini dimotori oleh Komodor Yos Sudarso, sementara yang merealisasikan adalah Panglima TNI Laksamana Muda TNI RE Martadinata dengan dikeluarkannya surat keputusan Menteri/Pangal No. 5401.24 tanggal 26 Juni 1962 tentang pembentukan Kowal.

Melalui surat keputusan ini kemudian ditindaklanjuti dengan perekrutan dan pendidikan para calon anggota Kowal yang menghasilkan 12 orang perwira. Untuk diketahui pelantikan pertama Kowal dilakukan oleh Kasal Laksamana Muda TNI RE. Martadinata di Mabes AL, Jalan Gunung Sahari 67, Jakarta pada 5 Januari 1963. Dari waktu ke waktu, Kowal terus berkembang sesuai dengan dinamika perjalanan sejarah dan perkembangan organisasi Angkatan Laut.

Selamat Hari Korps Wanita Angkatan Laut! Semoga selalu menjadi pahlawan wanita di negeri ini, tidak lupa kodratnya sebagai wanita namun tetap kuat dalam berjuang di lautan lepas.


  • HIMASKA?
    Selalu Solid untuk Matematika Jaya!


  • -CONGRUENT GENERATION-

    Bupati HIMASKA_Kaharuddin HSN. DM
    Wakil Bupati HIMASKA_Sandi Purwanto

#HIMASKAFMIPAUNRI

#CONGRUENTGENERATION

#HariKorpsWanitaAngkatanLaut

Line: @asr3905b
Instagram: @himaska_unri
Twitter: @himaska_unri
Facebook & Youtube: HIMASKA FMIPA UNRI
Website : himaskaur.org

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *