Hari Kusta Internasional

| Hari Kusta Internasional |

[25 Januari 2020]

Hallo Sobatika!

"Sebagian obat justru menjadi penyebab datangnya penyakit, sebagaimana sesuatu yang menyakitkan adakalanya menjadi obat penyembuh." - Ali bin Abi Thalib

Tahukah Sobatika?
Hari Kusta Internasional diperingati setiap tanggal 25 Januari. Hari Kusta Internasional ini bertujuan menggugah kesadaran masyarakat untuk meningkatkan motivasi, mengubah pandangan, dan menghilangkan stigma bagi penderita kusta.

WHO menjelaskan kusta merupakan infeksi bakteri pada kulit dan saraf yang disebabkan oleh Mycobacterium leprae. Orang yang terkena kusta diperkirakan menularkan bakteri ini dari cairan yang keluar dari mulut atau hidung seperti ingus. Bakteri kusta menyerang makrofag, bagian penting dari sistem kekebalan tubuh, dan menyerang sel Schwann yang mendukung sel untuk sistem saraf.

Namun, kusta sebenarnya tidak terlalu menular. Sekitar 95 persen populasi dunia secara alami kebal dan bahkan setelah kontak dalam waktu lama, tidak akan terserang penyakit. Pada 2015, jumlah orang yang menderita kusta lebih dari 176.176, turun dari 5,2 juta pada 1980-an.

Cara-cara ideal untuk mencegah penyebaran kusta adalah diagnosa dini dan pengobatan kondisi pada orang-orang yang telah ditularkan penyakit ini. Langkah-langkah yang dapat diambil untuk mempromosikan pencegahan kusta yaitu memberikan pendidikan terkait kebersihan tubuh dan memantau kondisi dan gejalanya secara terus-menerus. Serta mendidik penduduk setempat tentang pencegahan cedera dan pembersihan luka

Selamat Hari Kusta Internasional, Sobatika! Semoga dengan adanya hari ini Sobatika lebih menjaga kesehatan dan kebersihan diri. Serta menghilangkan stigma negatif kepada penderita kusta.


  • HIMASKA?
    Selalu Solid untuk Matematika Jaya!


  • -CONGRUENT GENERATION-

    Bupati HIMASKA_Kaharuddin HSN. DM
    Wakil Bupati HIMASKA_Sandi Purwanto

#HIMASKAFMIPAUNRI

#CONGRUENTGENERATION

#HariKustaInternasional

Line: @asr3905b
Instagram: @himaska_unri
Twitter: @himaska_unri
Facebook & Youtube: HIMASKA FMIPA UNRI
Website : himaskaur.org

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *