Hari Malaria Sedunia

Hallo Sobatika!

Tahukah Kamu?
Malaria adalah penyakit yang berbahaya dan mengancam jiwa. Penyakit malaria tidak menular dari satu orang ke orang lainnya melalui sentuhan atau berdekatan, tapi ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles yang membawa parasit Plasmodium.

Di Indonesia, Kementerian Kesehatan menyatakan kasus malaria masih tinggi, 70 persen di antaranya di wilayah timur. Malaria dapat menyebabkan gejala yang biasanya termasuk demam, kelelahan, muntah, sakit kepala, kulit kuning, kejang, koma, dan kematian. Berbagai jenis obat-obatan antimalaria dipakai untuk mengobati sekaligus mencegah penularan malaria. Obat-obatan yang diberikan tergantung pada beberapa hal, yaitu tingkat keparahan gejala-gejalanya, jenis parasit yang menjadi penyebabnya, lokasi penularan malaria, serta kondisi pasien.

Malaria dan Demam Berdarah (DBD) merupakan penyakit yang berbeda. Perbedaan mendasar yang perlu diketahui adalah jenis nyamuk penyebabnya. Malaria ditularkan oleh nyamuk Anopheles betina, sedangkan DBD disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

Jika sudah terlanjur mengalami gejala-gejala malaria, segera temui dokter agar bisa dilakukan diagnosis dan penanganan secepatnya ya, Sobatika! Lebih baik mencegah daripada mengobati. Yuk mulai dan jaga pola hidup sehat!

*
HIMASKA?
Selalu Solid untuk Matematika Jaya!
*

Bupati Mahasiswa_Kaharuddin HSN. DM
Wakil Bupati Mahasiswa_Sandi Purwanto

#HIMASKAFMIPAUNRI2019_2020

#HariMalariaSedunia

Line: @asr3905b
Instagram: @himaska_unri
Twitter: @himaska_unri
Facebook & Youtube: HIMASKA FMIPA UNRI
Website : himaskaur.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *