Hari Pasar Modal Indonesia


Hallo Sobatika!

“Tidak ada istilah bisnis dan peluang investasi yang buruk, yang ada cuma wirausahawan dan investor yang buruk.” - Robert Kiyosaki

Tahukah Kamu?
Pasar modal merupakan segala bentuk kegiatan yang berkaitan dengan efek seperti penawaran umum, perdagangan efek, dan perusahaan publik bahkan lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek. Pasar modal bertindak sebagai penghubung antara investor dengan perusahaan atau institusi pemerintah melalui instrumen perdagangan jangka panjang seperti obligasi, saham, dan lainnya.

Ketika Indonesia mengalami krisis ekonomi hingga inflasi tinggi mencapai 650 persen, pasar modal kembali ditutup. Kala Orde Baru dengan sistem perekonomiannya mulai membaik, di bawah kepemimpinan Presiden RI ke-2 Soeharto dikeluarkanlah Keputusan Presiden No. 52 Tahun 1976 tentang pendirian Pasar Modal, pembentukan Badan Pembina Pasar Modal, serta pembentukan Badan Pelaksana Pasar Modal (Bapepam). Kini, kita mengenal pengawas pasar modal yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bursa efek Indonesia yang bernama Bursa Efek Indonesia (BEI).

Struktur Pasar Modal di Indonesia tertinggi berada pada Menteri Keuangan yang menunjuk OJK. OJK merupakan lembaga pemerintah yang bertugas untuk melakukan pembinaan, pengaturan dan pengawasan sehari-hari pasar modal dengan tujuan mewujudkan terciptanya kegiatan pasar modal yang teratur, wajar, efisien serta melindungi kepentingan masyarakat pemodal.

Selamat Hari Pasar Modal Indonesia, Sobatika! Yuk mulai belajar berinvestasi, karena investasi terbaik adalah segala sesuatu yang tidak pernah kita lakukan.

*
HIMASKA?
Selalu Solid untuk Matematika Jaya!
*

-CONGRUENT GENERATION-

Bupati HIMASKA_Kaharuddin HSN. DM
Wakil Bupati HIMASKA_Sandi Purwanto

#HIMASKAFMIPAUNRI

#CONGRUENTGENERATION

#HariPasarModalIndonesia

Line: @asr3905b
Instagram: @himaska_unri
Twitter: @himaska_unri
Facebook & Youtube: HIMASKA FMIPA UNRI
Website : himaskaur.org

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *