Hari Pertahanan Sipil

Hari Pertahanan Sipil Tahukah kamu?

Hallo Sobatika!

Kalau dengar kata HANSIP tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Hansip memang selalu ada di lingkungan sekitar baik perkotaan maupun pedesaan. Ciri khas salah satu unsur keamanan masyarakat ini adalah seragam serba hijaunya. Hal ini karena Hansip memang bertugas mengabdi pada masyarakat. Ternyata Hansip merupakan bentukan Belanda lho, Sobatika.

Awalnya Hansip ini bernama LBD (Lucht Bescherming Dients) atau Perlindungan Pemecah Udara yaitu untuk melindungi masyarakat dari serangan udara dari Jepang. Setelah berakhirnya zaman pendudukan Jepang di Indonesia, LBD ini diubah menjadi Pertahanan Sipil sejak tahun 1943. Pada saat diubah menjadi Hansip, tugasnya sah sebagai pertahanan dan pengerahan rakyat.

Setelah Indonesia merdeka, Hansip diatur dalam keputusan Wakil Menteri Pertama Urusan Pertahanan/Keamanan No. MI/A/72/62 pada tanggal 19 April 1962 mengenai peraturan Pertahanan Sipil. Sejak saat inilah ditentukannya hari Hansip Nasional. Hingga pada 12 Agustus 1972 keluar Keputusan Presiden Nomor 55 tahun 1972 mengenai penyempurnaan organisasi Pertahanan Sipil dan organisasi perlawanan dan keamanan rakyat yang menjelaskan bahwa fungsi utama Hansip adalah sebagai pengorganisir rakyat dan membentuk satuan perlindungan masyarakat (linmas) dalam menanggulangi bencana dan serangan musuh.

Pada tahun 2002 silam nama Hansip berubah menjadi Linmas (Perlindungan Masyarakat) yang fungsinya lebih kearah perlindungan masyarakat dan penanggulangan bencana.


*
HIMASKA?
Selalu Solid untuk Matematika Jaya!
*

Bupati Mahasiswa_Kaharuddin HSN. DM
Wakil Bupati Mahasiswa_Sandi Purwanto

#HIMASKAFMIPAUNRI2019_2020

#HariPertahananSipil

Line: @asr3905b
Instagram: @himaska_unri
Twitter: @himaska_unri
Facebook & Youtube: HIMASKA FMIPA UNRI
Website : himaskaur.org

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *