Melalui Divisi Advokasi, HIMASKA FMIPA UNRI Kembali Gali Informasi Mengenai Perkuliahan Dijurusan Matematika UNRI

Pekanbaru(23/01/2019)—Setelah Tim Advokasi HIMASKA mencari informasi mengenai perkuliahan baik seputar jadwal perkuliahan, mata kuliah dan lainnya pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019, maka pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 Tim Advokasi HIMASKA kembali menemui pihak jurusan.

Pada(23/11/2019) di ruang Delta Jurusan Matematika Universitas Riau, Sri Agustina selaku Sekretaris Divisi Advokasi beserta Reka Agustia selaku Staff Ahli Rumah Tangga HIMASKA melakukan diskusi bersama Ketua Jurusan Matematika, yakni Dr. Imran M, M. Sc membahas terkait permasalahan mata kuliah dan KRS Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNRI.

Hal ini dilakukan dikarenakan untuk mencari jawaban dan solusi atas pengaduan permasalahan dan keraguan yang dilaporkan Mahasiswa Matematika kepada HIMASKA khususnya.

ㅤㅤㅤㅤ
“Mengenai KRS, harus diisi selambat lambatnya tanggal 28 Januari 2019, begitu juga dengan acc dari Dosen PA nya” ujar Pak Imran. Dalam hal ini, Pak Imran juga mengatakan bahwa sanksi bila sampai hari Senin namun belum juga mengisi Kartu Rencana Studi dan setujui Dosen Pembimbing Akademik adalah tidak terteranya nama mahasiswa dalam mata kuliah apapun.
ㅤㅤ
“Untuk jadwal Revisi KRS, dilakukan pada seminggu setelah hari terakhir pengisian KRS atau 5 hari kerja” tegasnya kembali. “Tapi coba pikirkan bila pada hari itu portal macet, dan mati lampu atau sebagainya yang menghambat dalam urusan KRS? Oleh karenanya usahakan sebelum itu sudah selesai.” Lanjut Pak Imran.
ㅤㅤ
Setelah pembahasan mengenai Kartu Rencana Studi, Tim Advokasi kembali meneruskan diskusi dengan pembahasan permasalahan seputar mata kuliah.
ㅤㅤ
Dalam diskusi mengenai KRS dan Mata Kuliah kali ini, didapat beberapa poin penting sebagai berikut:
ㅤㅤ
•Kartu Rencana Studi(KRS)
ㅤㅤ
1. KRS harus segera diisi, disetujui oleh Dosen PA dan melaksanakan proses percetakan hingga tanda tangan dari tanggal 25 Januari 2019 hingga selambat-lambatnya pada tanggal 28 Januari 2019.
ㅤㅤ
2. Sanksi bila tidak tepat waktu mengisi KRS, yaitu tidak tertera nama Mahasiswa yang bersangkutan didalam absen mata kuliah apapun.
ㅤㅤ
3. Revisi KRS akan dibuka pada 5 hari kerja sejak tanggal 28 Januari 2019.
ㅤㅤ
•Seputar Mata Kuliah
ㅤㅤ
1. Pada semester genap 2018/2019 ini, dibuka kelas untuk mata kuliah Kalkulus 1, 2 dan 3. Mahasiswa 2018 yang nilai Kalkulus 1 nya adalah E, harus mengulang di semester genap ini. Untuk Nilai D, boleh diulang semester ini atau semester selanjutnya, begitu juga dengan kalkulus 2 dan 3.
ㅤㅤ
2. Mahasiswa boleh mengambil mata kuliah semester atas, dengan catatan kelasnya dibuka. Contohnya seperti mata kuliah Variabel Kompleks, mahasiswa 2017 boleh mengambil mata kuliah tersebut.
ㅤㅤ
3. Untuk Mata Kuliah Rancangan Perobaan pada program Studi S1 Matematika pada tahun ini tidak dibuka. Namun jika ada Mahasiswa semester atas yang ingin mengulang mata kuliah tersebut, dapat melapor ke pihak jurusan dan prodi dan akan digabung bersama Mahasiswa Program Studi S1 Statistika dalam pelajaran Rancangan Percobaan.
ㅤㅤ
4. Untuk kode mata kuliah, Mahasiswa dengan kurikulum lama, jika ada kode mata kuliah lama di Portal Akademik, maka silahkan mengambilnya. Namun jika tidak, Mahasiswa boleh mengambil kode mata kuliah dengan kurikulum baru dengan catatan jumlah SKSnya sama.
ㅤㅤ
5. Mahasiswa S1 Statistika dan S1 Matematika yang belum lulus dan ingin mengulang mata kuliah Kalkulus 1, bisa mengulang dan bergabung di kelas Mahasiswa S1 Matematika. Hal ini dikarenakan jumlah SKS nya sama.
ㅤㅤ
Dalam hal ini, M. Aidil Azizi selaku Ketua Advokasi HIMASKA menegaskan dan mengingatkan kembali hasil diskusi Tim Advokasi HIMASKA pada semester Ganjil tahun ajaran 2018/2019 lalu yang dilakukan bersama Ketua Jurusan Matematika yakni Dr. Imran M, M. Sc. , Ketua Program Studi S1 Matematika yakni Dr. M. D. H. Gamal, M. Sc, dan Ketua Program Studi S1 Statistika yakni Rustam Effendi M. Si.
ㅤㅤ
Dari beberapa kali pertemuan tersebut didapatkan beberapa poin penting mengenai perkuliahan tahun ajaran 2018/2019, diantaranya :
ㅤㅤ
1. Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNRI harus mengisi KRS pada waktu yang sudah ditetapkan, dan telah berkonsultasi dengan Dosen Pembimbing Akademik (PA).
ㅤㅤ
2. KRS ditanda tangani oleh Dosen PA pada waktu yang sudah ditetapkan.
ㅤㅤ
3. Mata Kuliah Wajib kuota kelasnya ialah 35-40 orang.
ㅤㅤ
4. Mata Kuliah Pilihan kuota kelas ialah 40-45 orang.
ㅤㅤ
Maka dengan itu, Mahasiswa Jurusan Matematika khususnya, diharapkan agar dapat menaati peraturan yang telah disampaikan oleh pihak jurusan.
ㅤㅤ
“Jika ada mahasiswa Matematika yang masih ada yang kurang jelas atau memiliki beberapa pertanyaan, silahkan hubungi Tim Advokasi, khususnya Saya.” Ujar Azizi. (SA/DPS)

.
*
HIMASKA?
Selalu Solid untuk Matematika Jaya!
*
.
-CONVERGENT GENERATION-

Ketua Umum_Ervino Kurnia Bagaskara
Wakil Ketua Umum_Medtrio Doyo
.
#HIMASKAFMIPAUR
#CONVERGENTGENERATION
#ADVOKASIHIMASKA19
#CONVERGENTCOMPLAINT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *