Pelajari Cara Pengelolaan Sampah, HIMASKA Kunjungi Bank Sampah TDB

Pekanbaru (06/11/2019) – Bank Sampah Tuan Di Bangarna (TDB) yang terletak di Jalan Bakti 8, Tangkerang Barat, Marpoyan Damai menjadi tempat kunjungan Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMASKA) pada Rabu (30/10) siang. Selain untuk menyadarkan mahasiswa Matematika akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar, kunjungan ini juga bertujuan untuk belajar mengenai pengelolaan sampah.

Hal ini sesuai dengan tujuan didirikannya Bank Sampah TDB oleh Nora Sianipar selaku Direktur sekaligus pendiri.

Kunjungan ini dihadiri oleh Kaharuddin HSN. DM selaku Bupati Mahasiswa, Sandi Purwanto selaku Wakil Bupati Mahasiswa, Yollanda Amelia selaku Ketua Divisi Dana dan Usaha (Danus) dan beberapa pimpinan serta staf HIMASKA yang bisa menghadiri.

Sistem di TDB ini akan menampung dan memilah sampah kering, seperti botol plastik, kertas HVS, sampul buku, karton, botol infus, dan kaleng serta sampah organik seperti dedaunan kering. Bagi penyetor sampah sendiri itu sudah menabung atau mebgumpulkan sampah untuk disetorkan dan ditimbang di bank sampah, lalu dilakukan pencatatan dan penukaran nominal uang yang ditukarkan, hingga akhirnya sampah diangkut untuk diolah.

Saat ini, TDB sudah bisa diakses melalui aplikasi di Play Store dan sangat mudah digunakan. Kamu bisa mengunduh aplikasi mySmash di Play Store, lalu klik daftar. Lanjutkan dengan mencari lokasi bank sampah terdekat, cek kategori dan harga sampah yang telah dipisahkan, dan tentukan lokasi penjemputan agar kurir mySmash bisa menjemput sampah.

“Sampai saat ini, sudah banyak sekolah dan universitas yang melakukan kerja sama dengan TDB untuk pengolahan sampah,” ujar Nora.

Sebagai mahasiswa, ada beberapa keuntungan yang didapat jika menjadi nasabah Bank Sampah TDB yaitu menanamkan budaya kebersihan dan lingkungan yang sehat dan nyaman, menjadikan sampah memiliki nilai jual, dan memanfaatkan hasil tabungan sampah untuk menciptakan kreativitas dan inovasi mahasiswa.

“Kalian (HIMASKA) juga bisa membuka lapangan pekerjaan melalui pengelolaan sampah ini, jadi tidak hanya mengelola sendiri juga menambah penghasilan,” tambah Nora.

Setelah berdiskusi cukup lama, kunjungan ini diakhiri dengan foto bersama pihak Bank Sampah TDB dan HIMASKA.

*
HIMASKA?
Selalu Solid untuk Matematika Jaya!
*

-CONGRUENT GENERATION-

Bupati HIMASKA_Kaharuddin HSN. DM
Wakil Bupati HIMASKA_Sandi Purwanto

#HIMASKAFMIPAUNRI

#CONGRUENTGENERATION

#PressRelease

Line: @asr3905b
Instagram: @himaska_unri
Twitter: @himaska_unri
Facebook & Youtube: HIMASKA FMIPA UNRI
Website : himaskaur.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *