PEMBUKAAN DAN PERESMIAN HIMASKA ENGLISH CLUB DAN TRAINING OF SPO

Pekanbaru(13/10/2018)—HIMASKA FMIPA UNRI melalui Divisi PPA menggelar pembukaan dan peresmian untuk kegiatan akademik yang bertajuk “Training of SPO and HEC” di ruang 202 gedung kuliah FMIPA Universitas Riau pada Selasa, 9 Oktober 2018.
ㅤㅤ
Acara ini dihadiri oleh Gubernur Mahasiswa FMIPA, Ketua Lembaga se-lingkungan FMIPA yang berkesempatan hadir, Dewan Pembina Organisasi & pengurus HIMASKA, serta para mahasiswa Jurusan Matematika khususnya mahasiswa baru 2018. Untuk pemateri, dihadirkan 2  orang pemateri, yakni Saudara Muhammad Sabli mewakili bidang Olimpiade, dan Saudara Al Afif Muzaki mewakili bidang English Club dan Karya tulis ilmiah. Trainning of Scientifik Paper and Olympiad (SPO) and HIMASKA English Club (HEC) merupakan wadah bagi penerus generasi Jurusan Matematika untuk mengembangkan potensi akademik melalui pelatihan karya tulis ilmiah, olimpiade dan klub Bahasa Inggris HIMASKA.
ㅤㅤ
Acara dibuka oleh MC yakni Saudara Jefri Kesinger, dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an oleh Saudari Rachmawati Agustina, serta menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan Mars Mahasiswa.
“Sebagai pembukaan pelatihan acara ini, diharapkan akan ada pelatihan berkelanjutan sebanyak dua minggu sekali agar terciptanya akademik yang kompeten di jurusan matematika yang nantinya potensi bibit-bibit unggul mahasiswa dapat tersalurkan”, Ujar Saudari Galin Nina MS, selaku Ketua Divisi PPA HIMASKA FMIPA UNRI dalam sambutannya. Setelah itu, kata sambutan dari Ketua Umum HIMASKA yakni Saudara Ervino Kurnia Bagaskara.
Pembukaan acara pelatihan ini diresmikan dengan pemotongan pita yang dilakukan oleh Gubernur Mahasiswa FMIPA, Saudara Syafrul ardi, setelah memberikan sambutan kepada audiens.(1/3)
“Ini adalah langkah bagi kita untuk mendekatkan diri dengan jurusan matematika, salah satunya dengan memanfaatkan ilmu dari dosen kita. Selain itu, pengaruh prestasi & organisasi mahasiswa juga sangat mempengaruhi aspek pengakreditasian di jurusan HIMASKA, maka dari itu, diharapkan adik-adik bisa memperhatikan dan mengikuti agenda ini dengan baik, istiqomah agar mendapat manfaatnya. Dan kita tunjukkan ke jurusan lain, bahwa jurusan matematika tidak hanya terpatok kepada angka saja, tetapi bisa berbahasa inggris dengan baik, dan mampu memberikan prestasi yang terbaik”, Ujar Saudara Syafrul. Acara pembukaan di akhiri dengan pembacaan doa oleh Saudara Kaharuddin.
ㅤㅤ
Selanjutnya memasuki materi olimpiade yang dijelaskan oleh Saudara Muhammad Sabli, selaku perwakilan mahasiswa yang berprestasi dalam bidang olimpiade Matematika yang si moderatori oleh Saudara John Person. Dalam materinya, ia sampaikan bahwa ketika berkompetisi dalam olimpiade, jika berpikir bahwa seseorang tidak mampu, itu artinya kurang belajar, dan harus memperbaiki diri dengan mengurangi porsi bermain. Lalu, dalam menghadapi lawan, sebisa mungkin jangan langsung down, yakinkan bahwa kita mampu, kita bisa. Buatlah tim belajar dan diskusi, karena ketika ingin meraih sesuatu dari apa yang diusahakan, diperlukan iktiar dan doa.(2/3)
Dengan dimoderatori Saudara Alvino, materi kedua oleh dilanjutkan Saudara Al Afif Muzakki mengenai English Club, dan Karya Tulis Ilmiah. Ia sampaikan “Prestasi bukanlah sebuah bawaan dari lahir, tetapi sebuah skill yang dapat diasah, contohnya ada seorang ahli fisika, Yohannes Surya yang menunjukkan bahwa tidak ada orang Indonesia yang bodoh, dibuktikan dengan penelitiannya ke papua, dan melatih mereka di bidang fisika hingga akhirnya berhasil ke kancah internasional. Terkait berbahasa inggris, yang terpenting itu ialah aspek berbicaranya, dimana orang yang menjadi pendengar dapat mengerti dengan apa yang kita ucapkan, sedangkan karya tulis ilmiah ialah tingkatan tertinggi dalam sebuah ilmu yang mana jika seseorang telah berhasil menciptakan itu, berarti ia telah meningkatkan kapabilitas diri dalam mencari ilmu”, tutupnya. Setelah penyampaian kedua materi, dibukalah sesi tanya jawab dan dijawab langsung oleh pemateri.
ㅤㅤ
Acara pembukaan dan peresmian Training Of SPO & HIMASKA English Club berakhir, dengan pemberian plakat kepada kedua pemateri yang diberikan oleh Ketua Umum HIMASKA dan Ketua Divisi PPA. (WS)(3/3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *