Penyambutan Mahasiswa Baru 1 Jurusan Matematika FMIPA UNRI 2018

Pekanbaru(08/05/2018) 
          Para mahasiswa baru yang berasal dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Universitas Riau memadati lokasi Stadion Mini UNRI dalam acara Kuliah Umum yang diusung dengan tema “Membentuk Generasi Berwawasan Kebangsaan”.

          Acara kuliah umum ini dihadiri oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof.Dr.Ir.Thamrin, M.Sc , serta dua narasumber yaitu Dr. Zulkarnain M.Pd, dan Yudi Latif, M.A, P.hD.

          Diawali dengan pembacaan doa, lalu dilanjutkan dengan penyampaian informasi dari Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof.Dr.Ir.Thamrin, M.Sc, bahwa ada sebanyak 2020 mahasiswa baru yang diterima di Universitas Riau melalui jalur SNMPTN dari total 14 Ribu pendaftar. Dan, berdasarkan data yang diperolah, hanya 1700-an mahasiswa yang mendaftar ulang ke UNRI untuk mengikuti kuliah umum di tahun ini.

          Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian informasi tentang peraturan akademik oleh salah satu narasumber, yaitu Dr. Zulkarnain M.Pd yang menegaskan arti dari mahasiswa aktif itu sendiri. Dalam sambutannya, Dr. Zulkarnain juga sampaikan “Saya dan orang tua anda juga pastinya mengharapkan ketika Anda masuk di UNRI, kelak keluarnya jelas dengan diterimanya ijazah, bukan karena drop out (DO) dari melanggar beberapa ketentuan akademik yang ada di UNRI” ujarnya.

          Berkaitan dengan apa yang disampaikan narasumber sebelumnya, dan juga sepadan dengan tema yang diusung, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Yudi Latif, M.A, PhD menegaskan tentang Visi & Misi kebangsaan yang tercantum pada pembukaan UUD 1945. Yudi juga menambahkan “Kejarlah cita-cita anda setinggi mungkin, dengan tetap berbasis Pancasila, dan sehebat apapun anda nantinya, tetaplah bangun kolektivitas, kerjasama, dan toleransi agar bisa saling menyempurnakan perbedaan yang ada, karena itulah yang menjadi dasar kemajuan kita bersama”, ujarnya.

          Setelah penyampaian informasi dari berbagai narasumber, para mahasiswa diarahkan dengan tanpa paksaan untuk menuju ke stand-stand Himpunan Mahasiswa terkait yang ada di sekeliling stadion.

          Terkhusus untuk mahasiswa baru Jurusan Matematika Fakultas Ilmu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,  para mahasiswa baru disambut oleh dan diarahkan ke Stand Maba Matematika Statistika oleh pengurus Himpunan Mahasiswa Matematika FMIPA Universitas Riau dengan penuh semangat dalam kegiatan Penyambutan Mahasiswa Baru 1 yang ditaja oleh Divisi Kaderisasi yang bertujuan untuk memperkenalkan seputar Jurusan Matematika dan juga seputar Himpunan. Acara ini diawali dengan MC oleh Saudari Percilia Juliana, dan selanjutnya diambil alih oleh MOT , Saudari Cevynda Setia Putri.

          Setelah itu acara dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan oleh Ketua Umum HIMASKA FMIPA UR, Ervino Kurnia Bagaskara, iya mengatakan “Selamat datang kepada seluruh adik-adik Jurusan Matematika, sejati nya ini adalah kesan pertama kalian, dan di HIMASKA inilah tempat keluarga baru kalian. Selamat datang di keluarga HIMASKA FMIPA UR”. Setelah itu, disela-sela acara hadir pasangan pemenang Duta III FMIPA Universitas Riau 2018 yang keduanya berasal dari Jurusan Matematika, yakni Saudara Muhamad Fitri Febrian (Statistika ’16) dan Saudari Awdia Kirana Irzal (Matematika ’17) menyambut dengan hangat para Mahasiswa Baru Jurusan Matematika 2018.

          Untuk mengurangi ketegangan antar mahasiswa baru dan kakak tingkat, para mahasiswa baru diajak untuk bermain fun games yang telah dipersiapkan oleh kakak tingkat dari HIMASKA.

          Selanjutnya, kembali dengan penyampaian materi oleh Saudara M. Aidil Azizi Nasir, dan Saudari Reka Agustia Astari mengenai kepengurusan dan berbagai program kerja dari HIMASKA, dilanjutkan dengan penjelasan singkat tentang IKAHIMATIKA, dan diakhiri dengan perkenalan dari Dewan Perwakilan Mahasiswa(DPO) HIMASKA yang memperkenalkan apa itu DPO dan apa fungsi DPO dalam kepengurusan HIMASKA.

          Acara perkenalan singkat mahasiswa baru jalur SNMPTN ditutup dengan kegiatan foto bersama. Dan para mahasiswa baru akan kembali ke UNRI pada 17 Agustus mendatang dengan tambahan mahasiswa baru dari berbagai jalur masuk perguruan tinggi yang ada . (WS & EFSS)  

 

-Convergent Generation-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *