Resah Perihal Uang Kuliah Tinggi, HIMASKA Adakan Convergent Study Kedua

P ekanbaru (14/11/2019) – HIMASKA FMIPA Universitas Riau melalui Divisi Advokasi kembali mengadakan Convergent Study (COS) pada Selasa (12/11) lalu. Agenda ini diadakan di Ruang 302 Gedung Kuliah FMIPA UNRI. COS kali ini mengusung tema "Uang Kuliah Tunggal atau Uang Kuliah Tinggi?" dengan menghadirkan Ramadhana Ari sebagai pemateri.

Oktober lalu, mahasiswa UNRI disibukkan dengan revisi Uang Kuliah Tunggal (UKT). Dari menyiapkan berkas yang dibutuhkan untuk revisi hingga pengumpulan berkas kepada Tim UKT Rektorat. Bagi mahasiswa yang ikut  dalam revisi ini merasakan bahwa UKT yang telah ditetapkan untuknya tidak sesuai dengan keadaannya saat ini.

Ari jelaskan, sesuai dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 39 Tahun 2017, UKT berarti biaya yang ditanggung setiap mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonomi orang tua atau orang yang membiayainya.

UKT ditetapkan di seluruh perguruan tinggi di Indonesia sejak tahun 2013. UKT dibayar setiap semester sehingga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tidak diperbolehkan meminta uang pangkal atau pungutan lainnya kepada mahasiswa. Sebelumnya Indonesia menggunakan sistem Surat Persetujuan Pembayaran (SPP).

Ari juga beri penjelasan mengenai Biaya Kuliah Tunggal (BKT). Biaya kuliah tunggal adalah keseluruhan biaya operasional setiap mahasiswa per semester pada suatu program studi. Dengan demikian, BKT adalah biaya kuliah asli yang seharusnya dikeluarkan oleh mahasiswa.

"Jadi, UKT itu merupakan BKT dikurangi subsidi pemerintah," ujar Ari.

Mengenai revisi UKT, Ari sampaikan beberapa penjelasan yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa agar pengajuan revisi UKT disetujui. Hal itu seperti melampirkan surat keterangan dan penjelasan terkait syarat utama dalam pengajuan revisi UKT. (ZFM)

*
HIMASKA?
Selalu Solid untuk Matematika Jaya
*

-CONGRUENT GENERATION-

Bupati HIMASKA_Kaharuddin HSN. DM
Wakil Bupati HIMASKA_Sandi Purwanto

#HIMASKAFMIPAUNRI

#CONGRUENTGENERATION

#PressRelease

Line: @asr3905b
Instagram: @himaska_unri
Twitter: @himaska_unri
Facebook & Youtube: HIMASKA FMIPA UNRI
Website : himaskaur.org

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *