Ahli Matematika Temukan Rumus untuk Membuat Pizza Sempurna

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hallo Sobatika!
Selamat bertemu kembali dengan SIGMA di setiap malam minggu. Nah, kali ini kita akan membahas tentang Pizza. Mmm kira-kira apasih yang ditemukan Ahli Matematika dalam membuat pizza? Kuy kita kepoin!

Ahli matematika menemukan rumus pertama untuk membuat pizza dengan proporsi sempurna. Ia menghitung rasio topping hingga saus dasar pizza. Rumus ini membuat orang bisa makan lebih banyak topping pada pizza ukuran kecil.

Dilansir dalam Daily Mail (18/10/2013) formula ini dibuat setelah mendapatkan permintaan dari jaringan restoran global PizzaExpress. Mereka ingin mengetahui alasan mengapa pizza Romana ukuran 14 inch (35 cm) dengan kulit yang lebih tipis dan renyah dari Classic ukuran 11 inc (28 cm) jauh lebih populer.

Dr. Eugenia Cheng dari University of Sheffield mengkalkulasi rasio bahan pembuat pizza untuk memastikan kepuasan maksimum untuk berbagai ukuran pizza. Ia menggunakan d sebagai volume adonan konstan dan t untuk volume topping konstan dengan formula matematika untuk rasio topping untuk mengetahui rata-rata gigitan pizza.

Rata-rata, gigitan dari 11 inci (28 cm) pizza memiliki 10 persen topping lebih banyak dari 14 inci (35 cm) pizza. Formula tersebut juga memperlihatkan, pizza lebih kecil mempunyai topping lebih banyak per gigitan, tapi jika penambahan topping dilakukan pada pizza dengan ukuran lebih besar malah akan menambah risiko kulit pizza menjadi lembek.

Ia membuat formula lainnya yaitu alpha dibagi dengan radius (ukuran dari titik tengah ke ujung) pizza lalu dikuadratkan untuk menghasilkan hitungan ukuran pinggiran pizza dengan diameter berbeda. Ukuran pinggiran sangat proporsional untuk ketebalan pizza, semakin besar ukuran kulit pizza akan semakin tipis, dan crust semakin kecil.

Setelah mendapatkan rumus ini, PizzaExpress akhirnya menambah 15 gram tambahan adonan di resep pizza. Modifikasi resep ini pertama kali dilakukan sejak tahun 1965. “Hal ini mungkin tidak terlalu penting tapi ketebalan pizza Romana yang digulung dengan rolling pin untuk memastikan takaran adonan yang seimbang berpengaruh pada saus dasar dan takaran topping,” tutur Rebecca Farrer selaku Brand Director di PizzaExpress.

*
HIMASKA?
Selalu Solid untuk Matematika Jaya!
*

-CONGRUENT GENERATION-

Bupati HIMASKA_Kaharuddin HSN. DM
Wakil Bupati HIMASKA_Sandi Purwanto

#HIMASKAFMIPAUNRI

#CONGRUENTGENERATION

#SIGMAHIMASKA

Line: @asr3905b
Instagram: @himaska_unri
Twitter: @himaska_unri
Facebook & Youtube: HIMASKA FMIPA UNRI
Website : himaskaur.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *