SIGMA – Cara Mengatasi Banjir Versi Jepang

| SIGMA • Cara Mengatasi Banjir Versi Jepang |

[25 Januari 2020]

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hallo Sobatika!
Selamat bertemu kembali dengan SIGMA di setiap malam minggu. Nah, kali ini kita akan membahas tentang Cara Mengatasi Banjir Versi Jepang! Kira-kira gimana ya? Pasti penasaran kan? Tunggu apalagi, yuk kita kepoin!!

Akhir-akhir ini negara kita sedang dilanda banjir. Berbicara tentang banjir, hal ini tidak luput juga dari sebuah negara maju yaitu Jepang, dimana kita tau bahwa Jepang beberapa kali dilanda banjir seperti kita.

Oleh karena itu, Jepang juga mencari berbagai cara untuk mengatasi banjir, salah satunya adalah dengan membangun The Metropolitan Area Outer Underground Discharge Channel atau Saluran Pembuangan Bawah Tanah Kawasan Metropolitan di Saitama.

Ruangan bawah tanah itu berada di bagian utara Tokyo dibangun untuk menampung aliran air dan melindungi kota dari banjir. Saluran pembuangan bawah tanah ini menampung air yang meluap dari sungai-sungai berukuran kecil hingga menengah seperti Naka, Kuramatsu, dan Oootoshifurutone. Bahkan, ruangan itu disebut mampu menampung patung Liberty.

Saluran tersebut terdiri dari beberapa tangki besar yang dihubungkan oleh terowongan yang mengalirkan air ke Sungai Edogawa dan menyiramkannya ke Teluk Tokyo. Terowongan itu dirancang dengan panjang 6,3 kilometer dan membentang sepanjang 50 meter di bawah tanah. Di sela-sela terowongan, terdapat pilar penopang setinggi 18,18 meter. Pilar-pilar tersebut membuat ruangan terlihat seperti kuil besar.

Pengelola fasilitas menyediakan tur kepada warga yang ingin masuk dan menyaksikan bagian dalam terowongan. Penyelesaian konstruksi fasilitas ini secara drastis telah mengurangi jumlah rumah yang terendam banjir di daerah sekitarnya. Keberadaan fasilitas itu membuat wilayah Saitama timur berkembang. Area ini merupakan kawasan yang paling merasakan manfaat dari fasilitas ini. 

Nah, itu dia Sobatika Cara Mengatasi Banjir Versi Jepang! Cukup menarik, kan? Semoga bisa menambah ilmu dan wawasan Sobatika, ya!🤗

*
HIMASKA?
Selalu Solid untuk Matematika Jaya!
*

-CONGRUENT GENERATION-

Bupati HIMASKA_Kaharuddin HSN. DM
Wakil Bupati HIMASKA_Sandi Purwanto

#HIMASKAFMIPAUNRI

#CONGRUENTGENERATION

#SIGMAHIMASKA

Line: @asr3905b
Instagram: @himaska_unri
Twitter: @himaska_unri
Facebook & Youtube: HIMASKA FMIPA UNRI
Website : himaskaur.org

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *