Sigma | Matematikawan – Srinivasa Ramanujan

[ 12 Mei 2018]
.
Assalamualaikum Wr.Wb
.
Hallo sobatika, ingat ga sih ini malam apa? Ini malam minggu loh😊
Buat kalian yang bingung mau ngapain, mau pergi jalan tapi gak ada temen, dan inilah waktu yang tepat bagi kalian untuk stay on di sosmednya HIMASKA.

Kenapa sih harus stay on di sosmednya HIMASKA?
Karena sekarang HIMASKA punya sesuatu yang baru loh😍, yang bisa bikin malam minggu kalian nggak ngebosenin dan galau lagi! Inilah teman terbaik malam minggu kalian, dan dia adalah……. JJENG JJENG JJENG!!! 👏

SIGMA (Satnight with Math)🎆 Kali ini kita akan membahas salah satu tokoh matematika yang spektakuler, yaitu Ramanujan.

Ramanujan adalah salah satu tokoh matematika yang berasal dari India. Hari lahirnya dijadikan Hari Matematika Nasional di India. Ramanujan lahir pada tanggal 22 Desember 1887 di Tamil Nadu, India.  Terobosan besar Ramanujan muncul pada tahun 1913 ketika dia memulai kemitraan dengan matematikawan Inggris, Godfrey Harold Hardy, dari Universitas Cambridge. Pihak Cambridge Mengakui karya yang telah dikirimkan Ramanujan kepadanya sangat luar biasa. Pihak Cambridge langsung mengatur perjalanan Ramanjuan dari India ke Inggris.

Hardy mengatakan bahwa karya Ramanujan menujukan karya yang ditulis oleh seorang matematikawan dengan kualitas terbaik. Ramanujan secara mandiri mengumpulkan hampir 3.900 hasil penemuannya. Kebanyakaan penemuannya berupa rumus. Rumus rumus yang ditemukannya memiliki nama-nama unik seperti konstanta Landau-Ramanujan, bilangan prima Ramanujan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Suatu waktu sebuah buku catatan milik Ramanujan yang berisi penemuan di tahun terakhir dalam hidupnya dinyatakan hilang. Namun pada tahun 1976 buku tersebut ditemukan kembali dan menimbulkan kegembiraan yang luar biasa bagi ahli matematika lainnya.
Ramanujan meninggal saat umur 32 di tahun 1920. Penyebab kematiannya adalah penyakit hepatic amebiasis. Selain itu ia juga menderita penyakit disentri dan kekurangan asupan vitamin.
(sum: kumparansains)

Sampai disini dulu ya pembahasan kita ya..
Tetap kepo-in SIGMA ya di malam minggu berikutnya. Karena SIGMA bakalan hadir dengan hal yang menarik, spektakuler, dan up-to-date👌. Jadi, tunggu kita di malam minggu berikutnya✋.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *