SIGMA | MATH FACT – Asal Usul “360°” Lingkaran

•SIGMA | MATH FACT•
.
[15 September 2018]
.
Assalamualaikum Wr. Wb
.
Hallo sobatika!
Selamat bertemu kembali dengan SIGMA di setiap malam minggu. 😊 Nah, kali ini kita akan bahas fakta menarik tentang matematika.
Dari mana sih asal usul satu putaran lingkaran penuh itu 360 derajat?
Menurut hitungan Bangsa Sumeria, ternyata besaran angka 360 berasal dari bangsa Sumeria yang tinggal di Mesopotamia (Sekarang Irak Selatan). Bangsa ini telah menemukan tulisan sekitar 3000 SM telah membuat kalender pada 2400 SM, dimana terdiri dari 12 bulan dan tiap bulannya terdiri dari 30 hari. Total jadi 360 hari. Temuan ini di dasari dari pengamatan mereka terhadap Matahari dan lima planet yaitu Merkurius, Venus, Mars, Yupiter, dan Saturnus. Matahari melintasi bumi diketahui 360 hari. Karena gerakan Matahari dianggap sebagai lingkaran penuh, maka diputuskan satu lingkaran penuh terdiri atas 360 derajat.
ㅤㅤ
Adapula menurut Ahli Astronomi Babilonia dan Yunani. Dimana para ahli ini menghitung dengan menggunakan teori trigonometri. Mereka membagi sebuah lingkaran dengan satu segitiga sama sisi yang sisinya sama dengan jari-jari lingkaran. Dalam satu lingkaran terdapat 6 segitiga yang disebut chord. Pada zaman itu, basis bilangan adalah seksagesimal (60). 1 chord terdiri atas 60 derajat. Maka satu lingkaran penuh 6 chord dikalikan dengan 60 -> (6x60 = 360). Itulah beberapa penjelasan bahwa lingkaran penuh adalah 360 derajat.
ㅤㅤ
Wah... Sangat menarik ya sobatika. Untuk ingin tau fakta menarik tentang matematika selanjutnya, tetap pantau di SIGMA ya. Sampai ketemu di malam minggu selanjutnya sobatika!!😊.
ㅤㅤ
[Sumber : catatan_nikko_haendratnio] .
ㅤㅤ
*
HIMASKA?
Selalu Solid untuk Matematika Jaya!
*
. -CONVERGENT GENERATION-

Ketua Umum_Ervino Kurnia Bagaskara
Wakil Ketua Umum_Medtrio Doyo
.
#HIMASKAFMIPAUR
#CONVERGENTGENERATION ------------------------------------------
Line: @asr3905b
Instagram: @himaska_ur
Twitter: @himaska_ur
Facebook & Youtube: HIMASKA FMIPA UR
Website : himaskaur.org

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *