SIGMA | MATH FACT – MISTERI & KEUNIKAN ANGKA TUJUH

Hallo sobatika!
Selamat bertemu kembali dengan SIGMA di setiap malam minggu. 😊 Nah, kali ini kita akan bahas fakta menarik dan unik dari angka 7. Misteri apa sih yang ada di balik angka 7 ini? Kuy.. Kita kupas satu-persatu di sigma kita kali ini.. 😊

Tidak dapat dipungkiri, angka tujuh adalah salah satu angka istimewa. Angka 7 diidentik dengan “penciptaan”. Angka ini memiliki keistimewaan dalam berbagai rutinitas ibadah, alam semesta, dan juga sejarah. Ada rahasia apa dibalik angka ini? Yuk kita lihat fakta berikut ini!

1. Jumlah hari dalam satu minggu adalah 7 hari. Yang terdiri dari Hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu.
2. Terdapat 7 keajaiban dunia. Angka 7 secara langsung mewakili 7 tempat terindah di dunia.
3. Tanda Bahaya berbunyi 7 kali. Ketika terjadi bahaya di pelayaran, biasanya sirine atau alarm berbunyi sebanyak 7 kali. Berarti itu tandanya ada bahaya. Bila kamu menelepon teman kamu atau nomor siapa saja yang tidak menggunakan nada sapa, akan ada 7 kali bunyi tuut sampai akhirnya panggilan kamu di hentikan karena tidak ada jawaban.
4. Di China angka 7 dihubungkan dengan kehidupan gadis, dimana gadis mempunyai gigi susu pada usia 7 bulan dan tanggal pada usia 7 tahun, dalam 2 x 7 tahun β€œroda yin” membuka ketika ia mencapai masa puber, dan pada 7 x 7 = 49 datanglah masa monopause.
5. Di Amerika Kuno. Kesakralan angka 7 tidak ditemui di Amerika pra-Columbian dimana bangsa Maya percaya bahwa pada 7 lapis langit dan menganggap 7 sebagai angka penjuru mata angin.
6. Di Ilmu Pengetahuan. Dalam Ilmu pengetahuan, angka 7 adalah dasar dari akumulasi angka yang tak terhitung jumlahnya, mulai dari 7 atom, 7 partikel terkecil dan seterusnya.
7. Ada kebiasaan di beberapa kebudayaan di Indonesia yang menggunakan angka 7 ini dalam berbagai ritual seperti Mandi Kembang 7 Rupa atau Kembang 7 Taman lalu ada lagi Minum Air 7 Sumur.

Wah… Sangat menarik ya sobatika. Untuk ingin tau fakta menarik tentang matematika selanjutnya, tetap pantau di SIGMA ya. Sampai ketemu di malam minggu selanjutnya sobatika!!😊 [Sumber : Kursus Online Matematika dan 1000 Unik]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *