SIGMA | MATH INFO – Matematika vs Pendidikan Matematika

•SIGMA | MATH INFO•
.
[09 Februari 2019]
.
Assalamualaikum Wr. Wb
.
•SIGMA | MATH INFO•
.
[09 februari 2019]
.
Assalamualaikum Wr. Wb
.
Hallo sobatika!
Selamat bertemu kembali dengan SIGMA di setiap malam minggu. 😊 Nah, kali ini kita akan bahas perbedaan yang mendasar antara jurusan Matematika dengan Pendidikan Matematika.

Tentu saja, kedua jurusan tersebut bisa dibilang “Serupa tapi Tak Sama”. Ada perbedaan diantara kedua jurusan tersebut walaupun kedua-duanya mengkaji ilmu yang sama, yaitu ilmu matematika.

Perbedaan 1 : Nama Jurusan

Nah, ini merupakan suatu perbedaan yang paling mendasar. Jelas kalian tahu bahwa yang membedakan jurusan Matematika dengan Pendidikan Matematika adalah terdapat embel-embel “Pendidikan” didepannya pada jurusan yang serupa tapi tak sama tersebut. “Pendidikan Matematika” jelas berfokus kepada ilmu Matematika untuk proses pendidikan, sedangkan “Matematika” mengacu kepada jurusan Matematika “murni”. Meskipun tak menutup kemungkinan bahwa seorang lulusan Matematika “murni” dapat berpartisipasi dalam bidang pendidikan (sekolah), namun yang lebih berpengalaman dan jauh lebih tahu terkait hal-hal yang berbau pendidikan sekolah tentu adalah seorang lulusan Pendidikan Matematika.

Perbedaan 2 : Gelar Lulusan

Gelar lulusan juga sangat kontras membedakan seorang lulusan Pendidikan Matematika dengan seorang lulusan Matematika.

Lulusan Pendidikan Matematika bergelar S.Pd.(Sarjana Pendidikan), sedangkan lulusan Matematika (umumnya) bergelar S.Si. (Sarjana Sains) atau ada beberapa perguruan tinggi yang memberikan gelar S.Mat. (Sarjana Matematika). Perbedaan 3 : Bidang Pekerjaan

Seorang lulusan Pendidikan Matematika memang dipersiapkan untuk menjadi tenaga pengajar (guru) ditingkat sekolah menengah (baik itu SMP maupun SMA), sementara seorang lulusan Matematika dipersiapkan untuk menjadi seorang matematikawan (mathematician) atau ilmuwan bidang Matematika. Tentu saja, kedua-duanya juga bisa meraih pekerjaan sebagai dosen di jurusannya masing-masing.

Dalam hal ini, tentu lulusan Pendidikan Matematika jauh lebih memahami perihal bagaimana mengajarkan Matematika kepada siswa-siswi sekolah menengah dan seorang matematikawan (lulusan Matematika murni) dituntut untuk melakukan pengembangan keilmuan sesuai bidang minatnya di jurusan Matematika
Jika kalian memiliki cita-cita mulia untuk menjadi seorang guru Matematika yang handal, maka masuklah ke jurusan Pendidikan Matematika.
Jika kalian ingin menjadi seorang matematikawan hebat yang ingin mengembangkan keilmuan Matematika, maka masuklah ke jurusan Matematika.
Kedua-duanya sama-sama luar biasa! Kedua-duanya sama-sama membanggakan!
Wah… Sangat menarik ya sobatika, walaupun kita berbeda tapi pada intinya kita sama, yaitu sama-sama menggeluti ilmu matematika.😊 Untuk ingin tau fakta menarik tentang matematika selanjutnya, tetap pantau di SIGMA ya. Sampai ketemu di malam minggu selanjutnya sobatika!!😊
[Sumber : Matematikawan INDONESIA BANGGA!]
*
HIMASKA?
Selalu Solid untuk Matematika Jaya!
*
.
-CONVERGENT GENERATION-
Ketua Umum_Ervino Kurnia Bagaskara
Wakil Ketua Umum_Medtrio Doyo
.
#SIGMAHIMASKA
#HIMASKAFMIPAUR
#CONVERGENTGENERATION
——————————————
Line: @asr3905b
Instagram: @himaska_ur
Twitter: @himaska_ur
Facebook & Youtube: HIMASKA FMIPA UR
Website : himaskaur.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *