Sigma | Math Info – Mathematic Anxiety

[ 26 Mei 2018 ]
.
.Assalamualaikum wr.wb
.
Hallo sobatika!
Wah malam ini ditemanin dengan hujan, dan juga pastinya yang ditunggu yakni SIGMA(Satnight with Math)๐ŸŽ†. Nah, kali ini kita datang dengan membawa hal yang menarik, yaitu tentang Mathematic Anxiety. Apa itu?

Mathematic Anxiety adalah sebuah gangguan psikologis yang memicu respon yang sama di otak sebagai rasa sakit fisik. Para peneliti dari Universitas Chicago menggali lebih dalam phobia terhadap Matematika. Mereka menggunakan scan otak terhadap para penderita phobia ini dan menemukan bahwa hanya dengan memikirkan untuk menyelesaikan soal matematika bisa menyebabkan rasa sakit fisik. Bahkan Matematika merupakan salah satu mata pelajaran menyerupai hantu yang ditakuti dikalangan pelajar. Diperkirakan kekhawatiran terhadap Matematika mengurangi memori jangka pendek, yang berarti anak-anak susah berkonsentrasi dan sulit melakukan perhitungan. Mungkin, kekhawatiran ini juga memblokir kemampuan anak untuk melakukan perhitungan Matematika tersebut.

Berbicara tentang Matematika, bila seseorang tidak mampu menyelesaikan soal-soal Matematika bukan berarti mereka bodoh. Hal ini bisa berarti bahwa mereka mungkin dilumpuhkan oleh rasa takut mereka. Phobia Matematika juga disebabkan oleh rendahnya kualitas pembelajaran dan kurangnya latihan soal-soal Matematika.

Menurut Medical Xpress, otak orang yang tidak menyukai Matematika ternyata menunjukkan respon yang hampir sama dengan respon otak saat seseorang meninju mereka di wajah, atau mencubit lengan mereka atau menjambak rambut mereka. .

Wah ada juga ya rupanya phobia Matematika๐Ÿ˜„
Sampai sekian dulu ya pertemuan kita, sampai berjumpa dimalam minggu semester selanjutnya. Karena SIGMA akan datang dengan hal yang menarik, spektakuler, dan up-to-date. Jadi, tetap kepo-in SIGMA ya!! ๐Ÿ‘‹๐Ÿ˜Š

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *