SIGMA | MATH INFO – PERAN MATEMATIKA DALAM BIDANG PEKERJAAN

Hallo sobatika!
Selamat bertemu kembali dengan SIGMA di setiap malam minggu. 😊 Nah, kali ini kita akan membahas apa saja sih peranan matematika dalam bidang pekerjaan? Kuy kita kepoin!
Peran Matematika dalam Berbagai Bidang PekerjaanDi dunia modern ini banyak berbagai bidang pekerjaan yang membutuhkan kemampuan matematika yang baik. Inilah beberapa peran matematika dalam berbagai bidang pekerjaan.

a.Bidang Kedokteran
Untuk masuk jurusan kedokteran dibutuhkan kemampuan sains yang tinggi, tentu termasuk matematika. Gabungan dari berbagai ilmu yang dibutuhkan dalam dunia kedokteran disebut ilmu bioinformathics yaitu meliputi matematika, kimia, biologi, ilmu komputer dan kedokteran.

Salah satu aplikasi matematika di dunia kedokteran adalah ilmu dosimetri, karena ilmu kalkulus berperan disitu. Dosimetri merupakan cabang dari radioterapi yang berhubungan dengan penggunaan sinar-X.

Penggunaan sinar-X biasanya pada pasien kanker atau tumor. Sebelum dokter melakukan penembakan sinar-X maka ia harus bekerjasama dengan ahli dosimetri berkaitan dengan penentuan dosis radiasi sinar-X yang digunakan. Ahli dosimetri harus tepat dalam menentukan penembakan lokasi koordinat pada penyakitnya karena bila tidak tepat akan beresiko merusak organ lain. Penentuan koordinat tersebut menggunakan kalkulus integral tentang volume benda putar.

b.Bidang Astronomi
Ilmu astronomi mempelajari tentang alam semesta sehingga dibutuhkan sebuah permodelan alam semesta dan dalam perhitungannya dapat menggunakan ilmu trigonometri.

c.Bidang Teknik Sipil
Insinyur teknik sipil berhubungan dengan pembangunan fisik di berbagai medan, oleh karena itu membutuhkan seorang surveyor yang berhubungan dengan pengukuran permukaan bumi yang digambarkan melalui peta atau digital. Ilmu matematika yang berhubungan dengan pengukuran ini adalah trigonometri.

d.Bidang Arsitektur
Ilmu arsitektur berhubungan dengan membuat bangunan. Seorang arsitek bertugas mendesain sebuah bangunan yang tentu membutuhkan ketelitian dalam pengukurannya.

Untuk itu dibutuhkan kemampuan penguasaan ilmu matematika diantaranya geometri, kalkulus, trigonometri dan finite math.
e.Bidang Teknik Mesin
Bidang teknik adalah bidang yang tidak akan terlepas dari matematika, salah satunya teknik mesin. Kalkulus adalah salah satu ilmu matematika yang wajib dikuasai dalam ilmu teknik mesin.
f.Bidang Teknik Informatika
Ketika membahas aplikasi dan program komputer maka itu artinya harus membahas matematika karena ilmu komputer merupakan aplikasi dari matematika. Berbagai ilmu matematika yang diterapkan di bidang teknik informatika yaitu probabilitas, algoritma, kalkulus dan logika matematika.
g.Bidang Asuransi
Ada ilmu matematika yang sangat penting sekali dalam bidang asuransi yaitu ilmu peluang. Di bidang asuransi harus ada ahli yang dapat menghitung peluang pada kasus asuransi yang disebut aktuaris.
Aktuaris adalah seorang yang menguasai ilmu aktuaria yaitu gabungan ilmu peluang, statistika dan pemrograman komputer.
h.Bidang Manajemen
Ilmu manajemen berhubungan dengan seorang manajer di perusahaan. Seorang manajer operasional harus menguasai manajemen operasi yang merupakan matematika terapan riset operasi. Pendekatan matematika yaitu permodelan matematika, analisis statistik, dan teori optimasi matematis.
[Sumber : gravitime]
Wahh.. Ternyata banyak ya sobatika peranan matematika didalam bidang pekerjaan😊. Untuk ingin tau fakta menarik tentang matematika selanjutnya, tetap pantau di SIGMA ya. Sampai ketemu di malam minggu selanjutnya sobatika!! 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *