SIGMA | MATH INFO – Prospek Kerja Jurusan Matematika (Part 1)

•SIGMA | MATH INFO•
.
[26 Januari 2019]
.
Assalamualaikum Wr. Wb
.
Hallo sobatika!
Selamat bertemu kembali dengan SIGMA di setiap malam minggu. 😊 Nah, kali ini kita akan membahas tentang 5 Prospek Kerja Jurusan Matematika (Part 1). Kuy kepoin!

Pengaplikasian matematika dalam kehidupan akan menghubungkan kita pada prospek kerja jurusan matematika. Berikut prospek kerja Jurusan Matematika yang diulas SIGMA kali ini:

1. Prospek Kerja Jurusan Matematika sebagai Programmer atau Ahli Komputer.

Kebanyakan orang mengira bahwa untuk menjadi seorang programmer harus berasal dari jurusan Teknik Informatika. Teknik Informatika lebih kepada pengembangan komputer, sementara matematika komputasi digunakan untuk mencari penyelesaian optimasi suatu masalah dengan membuat pemodelan masalah tersebut, lalu disimulasikan dengan bantuan komputer.

Karena itu, anggapan bahwa ahli komputer atau programmer hanya berasal dari lulusan Teknik Informatika dirasa kurang tepat. Karena seorang ahli komputer atau programmer, dituntut untuk menguasai aljabar dan logika matematika.

Sebab dasar dari pemrograman adalah logika dan aljabar, dan keduanya dapat Anda kuasai dengan baik di dalam jurusan matematika.

2. Prospek Kerja Jurusan Matematika sebagai Ahli Statistika.

Matematika dan statistika adalah 2 ilmu yang serupa tapi tak sama. Namun, statistika sangat berhubungan dengan matematika. Matematika peminatan statistika mengintegrasikan dasar-dasar matematika dan statistika terapan dengan melakukan pengolahan dan analisa data. Sehingga, di dalam statistika, Anda pasti akan menjumpai banyak data dan perhitungan.

Untuk menjadi seorang ahli statistika, setidaknya Anda harus memiliki dasar matematika yang baik. Sebab statistika melibatkan daya analisis yang baik, ketelitian yang tepat, dan kecermatan dan ketepatan dalam berpikir. Seorang ahli statistika dapat bekerja di Instansi Pemerintahan seperti Badan Pusat Statistika, Departemen Keuangan, dan lain sebagainya.

3. Prospek Kerja Jurusan Matematika sebagai Tenaga Pengajar.
Pekerjaan ini mungkin merupakan salah satu prospek kerja jurusan matematika yang lumrah diketahui orang. Bahkan, kebanyakan orang mengira bahwa jurusan matematika hanya dapat menjadi seorang tenaga pengajar, baik itu guru atau dosen.
Padahal anggapan seperti ini sangat tidak tepat. Namun, untuk menjadi seorang dosen Anda dituntut untuk menyelesaikan program Magister terlebih dahulu.
4. Prospek Kerja Jurusan Matematika sebagai Arsitektur
Siapa yang tidak tahu apa itu arsitektur? Semua orang tahu bahwa profesi ini adalah perancang sebuah bangunan. Untuk menjadi arsitektur, seseorang harus mahir dalam mendesain dan menggambar.
Sebuah desain bangunan seperti gedung, rumah, atau jembatan dibentuk dari ilmu geometri yang kuat. Dan ilmu geometri terdapat di dalam ilmu matematika. Selain ilmu geometri, seorang arsitektur harus menguasi dengan baik permasalahan trigonometri dalam perancangan sebuah bangunan.
Proyek pembangunan suatu bangunan yang baru membutuhkan seorang arsitektur yang hAndal dalam desain dan juga matematika. Selain geometri, tentunya keuangan diperlukan dalam seorang arsitektur untuk menghitung dan menganalisa keuangan yang diperlukan dalam pembangunan proyek yang dia lakukan. Penghasilan arsitektur ini diantara 2 juta hingga 15 juta.
5. Prospek Kerja Jurusan Matematika sebagai Aktuaris
Profesi ini merupakan profesi yang paling diminati oleh lulusan matematika. Sebab, aktuaris merupakan pekerjaan yang menjanjikan dari segi penghasilan, sehingga membuat banyak orang berlomba-lomba untuk memasuki jurusan matematika.
Namun, untuk menjadi seorang aktuaris, Anda harus menguasai analisa statistik dengan baik dan memahami permasalahan yang berhubungan dengan asuransi. Hasilnya, Anda harus terbiasa dengan banyak data dan dituntut untuk bisa berpikir cermat dan tepat dalam menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan statistika maupun asuransi

Saat ini, Aktuaris sangat dibutuhkan di banyak perusahaan. Walaupun demikian, untuk bekerja sebagai seorang aktuaris tidaklah mudah, karena kendala salah satu untuk menjadi seorang aktuaris adalah harus fasih dalam berbahasa inggris, menguasi materi matematika, statistika, dan keuangan yang kuat serta dapat menjelaskan secara pasti dari hasil analisa. Alhasil, tidaklah heran jika gaji seorang aktuaris sangat menggiurkan, yaitu sekitar 50-100 juta perbulan.
[Sumber : academicindonesia.com]
*
HIMASKA?
Selalu Solid untuk Matematika Jaya!
*
.
-CONVERGENT GENERATION-
Ketua Umum_Ervino Kurnia Bagaskara
Wakil Ketua Umum_Medtrio Doyo
.
#SIGMAHIMASKA
#HIMASKAFMIPAUR
#CONVERGENTGENERATION
——————————————
Line: @asr3905b
Instagram: @himaska_ur
Twitter: @himaska_ur
Facebook & Youtube: HIMASKA FMIPA UR
Website : himaskaur.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *