SIGMA | MATH INFO – Prospek Kerja Jurusan Matematika (Part 2)

Hallo sobatika!
Selamat bertemu kembali dengan SIGMA di setiap malam minggu. 😊 Nah, kali ini kita akan membahas tentang 5 Prospek Kerja Jurusan Matematika (Part 2). Kuy kepoin!

Pengaplikasian matematika dalam kehidupan akan menghubungkan kita pada prospek kerja jurusan matematika. Berikut prospek kerja Jurusan Matematika yang diulas SIGMA kali ini:

1. Prospek Kerja Jurusan Matematika sebagai Astronom

Mungkin sebagian dari para pembaca bertanya, mengapa menjadi astronom? Apa hubungan ilmu matematika dengan astronom? Hubungannya tentu ada. Untuk menjadi seorang astronom tidak mesti berasal dari jurusan Astronomi. Hal ini disebabkan karena ilmu Astronomi pun didasarkan pada ilmu matematika, yaitu trigonometri dan aljabar.

Terlebih di Indonesia, bahkan Asia Tenggara, satu-satunya jurusan Astronomi hanya ada di Institut Teknologi Bandung. Untuk itu, bagi kalian yang bermimpi menjadi seorang Astronom, jangan berkecil hati jika tidak dapat menggeluti bidang Astronomi dalam pendidikan formal. Sebab, lulusan matematika pun bisa membuatmu menjadi seorang Astronom.

2. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil merupakan salah satu idaman bagi setiap warga Indonesia untuk mendapatkan tunjangan hidup yang baik dan gaji yang sangat mencukupi. Walaupun untuk menjadi seorang PNS memiliki persaingan yang cukup berat karena hampir semua jurusan di dalam perguruan tinggi dapat menjadi seorang PNS.

Pertanyaannya, apa peran matematika di dalam pekerjaan ini? Peran matematika dalam PNS sangat penting dalam analisa dan pengelolaan data administrasi kesipilan karena dari sini dapat dibuat keputusan agar suatu instansi dapat memilih keputusan dan kebijakan untuk menjadikan instansi tersebut dapat bekerja dan dikelola lebih optimal.

Berbicara soal gaji seorang Pegawai Negeri Sipil, gajinya di atas lima juta, itupun tergantung bagaimana derajat PNS dan bagaimana kebijakan undang-undang pemerintah mengenai PNS. (1/2)

3. Bekerja di Perusahaan Swasta/BUMN

BUMN merupakan kepanjangan dari Badan Usaha Milik Negara yang merupakan perusahaan swasta yang berada di Indonesia. Lulusan matematika juga bisa bekerja di perusahaan ini.
Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas bahwa ilmu matematika dibutuhkan di segala aspek kehidupan, sehingga tidak jarang orang-orang lulusan Matematika mampu bersaing dengan lulusan Ekonomi di dalam perusahaan-perusahaan besar.

4. Prospek Kerja Jurusan Matematika sebagai Peneliti atau Ahli Matematika

Saat ini pemerintah sedang menggalakkan program penelitian. Hal ini disebabkan karena Indonesia merupakan Negara yang minim perhatiannya terhadap dunia penelitian sains.
Profesi ini biasanya dipekerjakan oleh lulusan-lulusan jurusan Sains seperti matematika. Namun biasanya orang-orang yang bekerja sebagai peneliti atau ahli matematika adalah orang-orang yang daya analisanya kuat serta menguasai dasar atau pondasi matematika.
Tidak heran jika lulusan matematika murni sangat dibutuhkan oleh lembaga-lembaga Sains seperti LIPI, LAPAN, Batan, dan lain sebagainya.

5. Pengusaha

Siapa sih yang tidak ingin menjadi pengusaha? Setiap orang pasti ingin berwirausaha dan menjadi pengusaha. Lulusan matematika juga bisa berwirausaha. Itu sudah jelas. Tidak sedikit dari lulusan Matematika menjadi pengusaha dengan bekerja menjadi seorang wirausahawan dengan mendirikan sekolah kursusnya sendiri, berdagang, ataupun usaha-usaha lainnya.

Jangan salah, bahwa Matematika juga memiliki andil dalam berwirausaha. Sebab di dalam berwirausaha dibutuhkan kecerdasan dalam menghitung, memprediksi, dan mengaproksimasi modal untuk membuka usaha, keuntungan laba, dan lain sebagainya.

Kemampuan menganalisa pasar, membaca selera konsumen, dan berfikir logis juga dapat digunakan untuk membuka us.
[Sumber : academicindonesia.com]

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *