SIGMA – Mengubah Panas Jalanan Menjadi Listrik


Hallo Sobatika!
Selamat bertemu kembali dengan SIGMA di setiap malam minggu. Nah, kali ini kita akan membahas tentang Mengubah Panas Jalanan Menjadi Listrik! Kira-kira gimana ya? Pasti penasaran kan? Tunggu apalagi, yuk kita kepoin!!

Suhu panas yang melanda Indonesia belakangan ini cukup membuat masyarakat resah. Aktivitas di luar ruangan memang terasa lebih menyiksa, terlebih jika di area minim pepohonan, termasuk di jalan raya dan bebas hambatan. Namun, sebenarnya dua hal tadi, yakni panas dan jalanan, jika digabungkan bisa membawa manfaat besar. Panas yang dipanen dari jalanan dapat menjadi sumber energi listrik.

Itulah yang menjadi gagasan inovasi Alexander, siswa SMA Global Prestasi, di ajang National Young Inventors Award (NYIA) 2019 yang digelar Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Alexander dan 49 finalis lain menampilkan inovasi-inovasi mereka di acara Indonesia Science Expo 2019 yang berlangsung 23-26 Oktober di ICE, BSD City, Tangerang.

Dalam inovasi berjudul Permukaan Jalan Penghasil Listrik itu, Alexander menampilkan sebidang jalan yang terbuat dari beton dan di bagian dalamnya disusun pipa tembaga. Ke dalam pipa tembaga kemudian paraffin. Minyak inilah yang berguna menyerap kalor (energi panas) dari permukaan jalan.

Minyak tersebut kemudian dialirkan ke sebuah waterblock yang menempel ke sebuah modul termoelektrik. Bagian lain dari modul termoelektrik yang tidak menempel pada waterblock akan ditempel ke heatsink yang didinginkan air. Perbedaan suhu yang tercipta dari energi panas yang dihantarkan minyak paraffin dengan heatsink itulah yang menghasilkan listrik.

Sementara itu, untuk penempatan unit media air sebagai pendingin heatsink, menurutnya, dapat dibuat berupa bangunan atau unit kecil di beberapa titik di tepi jalan. Di kondisi jalanan yang bersisian dengan sungai, pendinginan itu bisa memanfaatkan badan air tersebut.

Nah, itu dia Sobatika cara Mengubah Panas Jalanan Menjadi Listrik! Semoga bisa menambah ilmu dan wawasan Sobatika, ya!🤗

*
HIMASKA?
Selalu Solid untuk Matematika Jaya!
*

-CONGRUENT GENERATION-

Plt. Bupati HIMASKA_Sandi Purwanto

#HIMASKAFMIPAUNRI

#CONGRUENTGENERATION

#SIGMAHIMASKA

Line: @asr3905b
Instagram: @himaska_unri
Twitter: @himaska_unri
Facebook & Youtube: HIMASKA FMIPA UNRI
Website : himaskaur.org

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *