Selamatkan Hutan dengan Menghemat Kertas

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hallo Sobatika!
Selamat bertemu kembali dengan SIGMA di setiap malam minggu. Nah, kali ini kita akan membahas tentang penghematan kertas demi menyelamatkan hutan kita. Mmm kira-kira gimana ya? Kuy kita kepoin!

    Bisa dibilang saat ini kertas sudah menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat urban. Apalagi kita terbiasa menggunakan kertas dengan cara yang boros. Tapi tanpa kita sadari bahwa pada saat yang bersamaan hutan alam kita habis ditebang diantaranya untuk memenuhi kebutuhan kertas.

    Tingginya kebutuhan akan kertas berimbas pada ketersediaan kayu, dimana kayu diolah menjadi bubur kertas (pulp) dan kemudian diolah lagi menjadi kertas. Menurut Prof. Dr. Sudjarwadi (UGM), 1 rim kertas setara dengan 1 pohon berumur 5 tahun. Untuk setiap ton, pulp membutuhkan 4,6 meter kubik kayu, dan 1 ton pulp menghasilkan 1,2 ton kertas. 1 hektar hutan tanamanan industri (acacia) dapat menghasilkan kurang lebih 160 meter kubik kayu. Jika pertahun diproduksi 3 juta ton pulp, maka membutuhkan 86.250 hektar hutan.

    Lalu, apa yang bisa kita lakukan sebagai warga negara untuk mengurangi penggunaan kertas agar bisa menyelamatkan hutan kita? Jika kita hanyalah 'orang biasa' yang tidak punya kekuatan politik dan kebijakan yang bisa merubah sesuatu secara sistem, jangan khawatir! kita bisa berubah menjadi orang yang luar biasa dengan menerapkan perilaku yang ramah terhadap hutan.

    Yuk simak tips menghemat kertas ditempat kerja untuk menyelamatkan hutan kita!

    a) Sebisa mungkin hindari mencetak dokumen atau email yang tidak penting.
    Tulis slogan "THINK BEFORE YOU PRINT!" dengan huruf besar, dan tempel di dinding kantor atau di dekat layar komputer.

    b) Gunakan / cetak kertas bolak-balik. Tindakan ini bisa menghemat penggunaan kertas hingga 50%.

    c) Saat akan mencetak dokumen, gunakan menu "print 2 pages per sheet". Artinya, 2 halaman dicetak jadi 1 halaman. Hurufnya memang jadi lebih kecil, tapi masih nyaman untuk dibaca.

    d) Kirimlah draft dokumen (masih perlu diedit ulang) melalui surat elektronik dan hindari pencetakan salinan draft dokumen yang tidak perlu.

    e) Atau tempelkan draft dokumen pada papan pengumuman untuk digunakan bersama-sama. Ini lebih baik daripada mendistribusikan begitu banyak salinan dokumen.

    f) Kumpulkan kertas yang satu sisinya masih kosong. Pakai ulang kertas (reuse) untuk mencetak atau fotokopi dokumen.

    g) Atau pakai ulang kertas tersebut sebagai kertas fax. Hindari penggunaan fax sheet cover, yang seringkali memakan hampir satu halaman penuh.

    h) Amplop bekas yang masih rapi, bisa digunakan ulang. Bagian nama penerima dan pengirim bisa ditiban dengan stiker atau kertas kosong.

    I) Belilah printer dan mesin fotokopi yang mampu mencetak pada kedua sisi kertas secara otomatis. Dan pastikan setiap orang paham cara penggunaannya.

    j) Jangan lupa, di setiap email kita bikin tulisan seperti, "Please don't print this e-mail unless you really need to. Save trees!"

    Nah, itulah beberapa langkah kecil yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari hari kita dengan menggunakan kertas secara bijak dan tidak berlebihan sebagai wujud keikutsertaan kita peduli terhadap kelestarian lingkungan merawat dan menjaga hutan dari kerusakannya. Upaya penghematan penggunaan kertas dapat meminimalisirkan jumlah pohon yang ditebang untuk diambil kayunya sebagai bahan baku pembuatan kertas.

    *
    HIMASKA?
    Selalu Solid untuk Matematika Jaya!
    *

    -CONGRUENT GENERATION-

    Bupati HIMASKA_Kaharuddin HSN. DM
    Wakil Bupati HIMASKA_Sandi Purwanto

    #HIMASKAFMIPAUNRI

    #CONGRUENTGENERATION

    #SIGMAHIMASKA

    Line: @asr3905b
    Instagram: @himaska_unri
    Twitter: @himaska_unri
    Facebook & Youtube: HIMASKA FMIPA UNRI
    Website : himaskaur.org

    Leave a Comment

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *