SIGMA | STATISTIKAWAN – GOTTFRIED ACHENWALL

Hallo sobatika!
Selamat bertemu kembali dengan SIGMA di setiap malam minggu. ūüėä Nah, kali ini kita akan bahas salah satu tokoh statistikawan yang disebut sebagai Bapak Statistika.. Siapa dia? Kuy kita kepoin!
Gottfried Achenwall lahir di Elbing, Provinsi Royal Prusia, Polandia pada tanggal 20 Oktober 1719. Ia kuliah di Universitas Leipzig dan mendapatkan gelar Master pada tahun 1746 pada Fakultas Filsafat Universitas Leipzig. Pada tahun yang sama, ia pergi ke Marburg untuk bekerja sebagai asisten profesor bidang sejarah dan hukum internasional. Pada tahun 1748 ia dipanggil oleh University of Göttingen untuk menjadi Profesor Luar Biasa bidang Filsafat. Ia juga dianugerahi gelar yang sama namun dalam bidang yang berbeda sebagai Profesor Luar Biasa bidang Hukum juga oleh Universitas yang sama pada tahun 1753. Pada tahun 1765, Achenwall menjadi court counsellor dari Kerajaan Inggris dan Pengadilan Pemilihan Hanover.

Ia menjadi terkenal karena menggunakan istilah ‚ÄúStatistik‚ÄĚ untuk pertama kalinya pada karyanya yang berjudul Staatsverfassung der heutigen vornehmsten Europ√§ischen Reiche und V√∂lker im Grundrisse (Konstitusi Politik Negara dan Masyarakat Eropa Saat Ini) pada tahun 1749. Dalam karyanya ini, ‚ÄúStaatsverfassung der heutigen vornehmsten Europ√§ischen Reiche und V√∂lker im Grundrisse‚ÄĚ, dia memberikan gambaran tentang konstitusi dari berbagai negara di Eropa dengan menggambarkan kondisi pertanian, manufaktur dan perdagangannya. Ia mendapatkan dukungan finansial dari Raja George III dalam melakukan penelitiannya.

Dalam bukunya tersebut, ia menggunakan istilah ‚ÄúStatistik‚ÄĚ yang mengandung arti suatu deskripsi komprehensif dari sosial, politik, dan ekonomi suatu negara. Jadi pada waktu itu, statistik adalah suatu kegiatan yang berhubungan dalam proses analisis data kenegaraan. Atas jasanya ini, para ekonom Jerman memberi julukan ‚ÄúBapak Statistika‚ÄĚ. [Sumber : Dunia Statistika]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *