SIGMA | STATISTIKAWAN – Sir John Sinclair

•SIGMA | STATISTIKAWAN•
.
[19 Januari 2019]
.
Assalamualaikum Wr. Wb
.
Hallo sobatika!
Selamat bertemu kembali dengan SIGMA di setiap malam minggu. 😊 Nah, kali ini kita akan bahas salah satu tokoh statistikawan. Penasaran siapa dia? Kuy kita kepoin!
Sir John Sinclair lahir pada 10 Mei 1754 di Thurso Castle, Thurso, Caithness. Sir John merupakan anak tertua dari George Sinclair dari Ulbster, yang merupakan keluarga Earls of Caithness. Setelah menyelesaikan kuliahnya di University of Edinburgh, University of Glasgow, dan Trinity College, Oxford, dia diterima di Fakultas Advokat di Skotlandia dan dipanggil ke English bar (semacam badan pelayanan hukum). Namun ia tidak pernah bekerja dengan sungguh-sungguh.

Pada tahun 1780 ia terpilih menjadi ke British House of Commons untuk Konstituen Caithness dan mewakili beberapa konstituen di Inggris. Karirnya dalam bidang politik terus menanjak sampai pada tahun 1811. Pada tahun tersebut ia kembali ke Edinburg untuk memperbaiki produksi wol di sana. Tidak hanya itu, ia juga berperan dalam pendirian Dewan Pertanian dan menjadi presiden yang pertama. Ia pun kemudian mendapat julukan “Agricultural Sir John”. Minatnya dalam bidang pertanian sangatlah besar. Karyanya yang paling fenomenal adalah Statistical Account of Scotland, yang memberikan informasi tentang pertanian dan industri terkait, catatan tentang sejarah alam, dan statistik populasi. Bukunya (yang juga dikenal dengan Old Statistical Account) tersebut terdiri dari 21 volume dan diterbitkan dalam rentang waktu 1791-1799. Dalam bukunya tersebut ia memperkenalkan istilah baru, yakni “Statistics”, yang ia dengar ketika berkunjung ke Jerman. Dari tulisannya tersebut, Sir John Sinclair mengadopsi kata “Statistics” yang dia ketahui ketika melakukan perjalanan ke Jerman. Namun terdapat perbedaan antara keduanya. Di Jerman, istilah itu merujuk kepada suatu metode yang digunakan dalam hal politik dan kenegaraan, seperti misalnya untuk mengukur kekuatan politik dan menganalisis data-data kenegaraan. Sir John Sinclair menggunakan istilah ini (statistics) sebagai suatu metode untuk mengumpulkan data atau fakta di lapangan yang bersifat numerik.

Pada tahun 1834, Statistical Society of London dibentuk (sekarang Royal Statistical Society). Ketika itu, ia adalah anggota tertua, yakni berusia 80 tahun.
Wah... Sangat menarik ya sobatika. Untuk ingin tau fakta menarik tentang matematika selanjutnya, tetap pantau di SIGMA ya. Sampai ketemu di malam minggu selanjutnya sobatika!!😊
[Sumber : Dunia Statistika]
*
HIMASKA?
Selalu Solid untuk Matematika Jaya!
*
.
-CONVERGENT GENERATION-
Ketua Umum_Ervino Kurnia Bagaskara
Wakil Ketua Umum_Medtrio Doyo
.
#SIGMAHIMASKA
#HIMASKAFMIPAUR
#CONVERGENTGENERATION
------------------------------------------
Line: @asr3905b
Instagram: @himaska_ur
Twitter: @himaska_ur
Facebook & Youtube: HIMASKA FMIPA UR
Website : himaskaur.org

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *