Stop Merokok, Ingat Bahayanya!

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hallo Sobatika!
Selamat bertemu kembali dengan SIGMA di setiap malam minggu. Nah, kali ini kita akan membahas tentang Rokok. Mmm kira-kira apasih akibat dari rokok? Kuy kita kepoin!

Rokok merupakan benda beracun yang dapat memberikan efek santai atau tenang. Racun yang ada pada rokok bukan hanya berbahaya bagi perokok aktif maupun pasif namun juga bagi lingkungan hidup.

Asap rokok yang baru mati dari asbak saja telah mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengiritasi mata dan pernapasan. Rumus sederhananya yaitu, semakin pendek rokok yang dihembus ke udara makan semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara.

Asap, debu dan puntung rokok memiliki dampak yang buruk bagi lingkungan. Asap rokok yang dihembuskan perokok pasif bisa bertahan selama dua sampai tiga jam dalam ruangan. Meski kelihatannya asap telah hilang namun pada kenyataan asap rokok tersebut tetap ada bahkan bisa menempel pada benda-benda. Puntung rokok membutuhkan waktu 1,5 – 2,5 tahun untuk dapat terurai dalam tanah. Lalu untuk dapat terurai di air membutuhkan waktu selama 5 tahun. Tentu waktu yang sangat lama. Belum lagi kebiasaan masyarakat yang sering membuang puntung rokok ini sembarangan. Bila membuangnya ke tanah dapat merusak tanah. Bila membuangnya ke air dapat merusak ekosistem air.

Yuk simak cara menjaga kesehatan dari asap rokok :

  1. Pakailah masker setiap berhadapan dengan perokok. Tentunya menghindari paparan asap rokok sejauh mungkin adalah tindakan yang paling tepat.
  2. Perbanyak konsumsi air putih, sayuran segar, dan buah-buahan. Bila diperlukan, maka konsumsi multivitamin-mineral dperbolehkan.
  3. Cobalah untuk menuliskan bahaya merokok dan bila ada mading, tempelkan tulisan itu. Bila tindakan ini belum ada hasilnya, maka cobalah untuk menulis di majalah atau surat kabar, boleh di rubrik opini atau di kolom surat/suara pembaca.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan dari asap rokok. Yakinlah bahwa rokok bukan satu-satunya sarana pergaulan. Untuk itu hindari sesuatu yang terkait tentang rokok seperti sponsor, iklan, poster, hingga adanya promosi rokok gratis. Lalu perbanyak informasi mengenai bahaya merokok dan jangan malu mengatakan bahwa diri kita bukan perokok.

*
HIMASKA?
Selalu Solid untuk Matematika Jaya!
*

-CONGRUENT GENERATION-

Bupati HIMASKA_Kaharuddin HSN. DM
Wakil Bupati HIMASKA_Sandi Purwanto

#HIMASKAFMIPAUNRI

#CONGRUENTGENERATION

#SIGMAHIMASKA

Line: @asr3905b
Instagram: @himaska_unri
Twitter: @himaska_unri
Facebook & Youtube: HIMASKA FMIPA UNRI
Website : himaskaur.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *