Tingkatkan Potensi Akademik dan Sportivitas di Riau, HIMASKA Sukses Gelar Smart Competition IV

Pekanbaru (15/11/2019) – HIMASKA FMIPA Universitas Riau (UNRI) adakan Smart Competition IV (SC IV) pada tanggal 2 hingga 10 November yang bertemakan “Meningkatkan Potensi Generasi Muda yang Aktif, Sportif, Kreatif, dan Bersolidaritas.” Acara ini merupakan agenda terbesar HIMASKA yang diadakan setiap tahunnya yang pertama kali diadakan pada tahun 2016.

SC IV ini merupakan kompetisi untuk membentuk generasi muda yang bermental kompetitif serta bisa menumbuhkan jiwa sportif, aktif, dan kreatif bagi siswa dan mahasiswa, serta sebagai proses untuk menjalin silaturahmi antara peserta SC IV dengan HIMASKA.

Acara pembukaan SC IV ini dilaksanakan pada Sabtu (2/11) lalu di Auditorium FMIPA UNRI sekitar pukul sembilan pagi. Dihadiri oleh Drs. Harison, M.Si selaku Dewan Perwakilan Organisasi Kemahasiswaan (DPOK) HIMASKA, Ketua Kelembagaan se-FMIPA UNRI, Bupati dan Wakil Bupati HIMASKA, serta tamu undangan dan peserta SC IV.

Dalam kata sambutannya, Arif Aprianto selaku Ketua Pelaksana SC IV berharap agar tumbuhnya sikap solidaritas dan kerja sama yang baik antar peserta. Acara SC IV resmi dibuka oleh Drs. Harison, M.Si dengan simbol pemotongan pita, didampingi oleh Dewan Pembina Organisasi (DPO) HIMASKA, Bupati dan Wakil Bupati HIMASKA, serta Ketua Pelaksana SC IV.

Perlombaan dalam SC IV meliputi kategori akademik, seperti matematika dan non akademik berupa olahraga dan seni. Masing-masing jenis perlombaan tersebut terbagi menjadi beberapa cabang. Perlombaan matematika yang diadakan yaitu Olimpiade Matematika Mahasiswa diikuti oleh mahasiswa se-Riau, Olimpiade Statistika Dasar oleh siswa SMA se-Riau, dan Pesona Matematika oleh siswa SMP se-Riau.

Untuk bidang olahraga ada Futsal Putra, Voli Putra, dan Voli Putri untuk mahasiswa se-Riau. Dalam bidang seni diadakan perlombaan Poster untuk mahasiswa se-Pekanbaru. Sedangkan Musikalisasi Puisi, Solo Pop, dan Daur Ulang diikuti oleh masyarakat umum se-Riau. Tidak hanya itu, dalam SC IV juga diadakan Seminar Kewirausahaan dan Lingkungan Hidup guna meningkatkan wawasan masyarakat mengenai hal tersebut.

SC IV resmi ditutup oleh Kaharuddin HSN. DM selaku Bupati HIMASKA pada Minggu (10/11) siang. Agenda dihadiri oleh Ketua Kelembagaan se-FMIPA UNRI, tamu undangan dan peserta SC IV.

Kahar berharap agar SC IV ini dapat menghasilkan generasi-generasi muda yang lebih baik. “Semoga tercipta generasi-generasi muda yang aktif, sportif, kreatif, dan bersolidaritas kedepannya dari peserta Smart Competition IV ini,” jelas Kahar.

Selanjutnya, Fitrah Agra Nugraha juga mengatakan bahwa pemuda harus bersemangat dan aktif dalam membentuk agen peradaban. “Pemuda sebagai generasi penerus bangsa sekarang haruslah semangat, aktif, dan rajin membentuk relasi demi membangun peradaban,” ujar Agra, Gubernur Mahasiswa BEM FMIPA UNRI.

Dalam acara penutupan SC IV ini, Sanggar Archomatics HIMASKA menampilkan teater yang berjudul “Bendera Setengah Tiang.” Teater tersebut menceritakan tentang keadaan negeri kita saat ini yang menunjukkan pemimpin yang hidup mewah dan rakyatnya yang hidup melarat.

Rendy Pratama sebagai peraih medali emas Olimpiade Matematika Mahasiswa juga sampaikan bahwa SC kali ini lebih baik daripada sebelumnya, baik dari segi soal, pelayanan, dan lain sebagainya. “Harapan untuk Smart Competition kedepannya semoga bisa lebih memperluas cakupan peserta dan bisa lebih berhasil dari Smart Competition IV ini,” harap Rendy. (RMA/ZFM)

*
HIMASKA?
Selalu Solid untuk Matematika Jaya!
*

-CONGRUENT GENERATION-

Bupati HIMASKA_Kaharuddin HSN. DM
Wakil Bupati HIMASKA_Sandi Purwanto

#HIMASKAFMIPAUNRI

#CONGRUENTGENERATION

#PressRelease

Line: @asr3905b
Instagram: @himaska_unri
Twitter: @himaska_unri
Facebook & Youtube: HIMASKA FMIPA UNRI
Website : himaskaur.org

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *